Infrastruktur Pendukung Danau Toba Ditargetkan Rampung 2019

Panorama Danau Toba salah satu dari 10 Bali Baru Indonesia
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi

VIVA – Danau Toba di Sumatera Utara terus berbenah untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke danau terbesar se-Asia Tenggara itu. Salah satunya dengan menargetkan pembangunan sarana infrastruktur rampung pada 2019.

Puncak Arus Balik Lebaran di Sumut Berlangsung Selama 3 Hari

Direktur Umum Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT), Arie Prasetyo, menuturkan dikebutnya pembangunan sarana infrastruktur di Danau Toba untuk merealisasikan target kunjungan 1 juta wisatawan asing.

"Saya pikir 2019 infrastruktur ditargetkan akan selesai. Jadi pemerintah akan membangun infrastruktur yang cukup untuk melayani 1 juta wisatawan mancanegara, misalnya jalan tol sudah sampai Tebing Tinggi. Mudah-mudahan akhir 2019 akan selesai sampai Siantar," ujar Arie di Medan, Kamis, 13 Desember 2018.

Geopark Kaldera Toba, Situs Diakui UNESCO yang Miliki Ragam Aktivitas Wisata

Bukan hanya pembangunan jalan tol Tebing Tinggi-Siantar, Arie juga menjelaskan saat ini Kementerian Perhubungan juga sudah menganggarkan untuk perbaikan rel kereta api dari Medan ke Siantar. Nantinya, diharapkan waktu tempuh menggunakan kereta api akan lebih cepat.

Selain itu, dikebutnya infrastruktur darat menuju Danau Toba, membuat pembangunan pelabuhan-pelabuhan di kawasan danau vulkanik itu akan selesai dalam waktu dekat. "Nantinya akan dikelola secara profesional, kapal ini mulai kalau tidak ada perubahan pada 20 Desember karena sudah dirapatkan dengan Kementerian Perhubungan," ujarnya.

Asupan Mineral Pembalap F1 Powerboat Danau Toba 2024 Terjaga

Sementara itu, dengan rampungnya pembangunan sarana infrastruktur di Danau Toba diharapkan wisatawan bisa menikmati liburan terutama pada akhir tahun 2018. BPODT juga optimis pembangunan infrastruktur di Danau Toba akan sesuai rencana.

"Jadi menyambut liburan akhir tahun ini mudah-mudahan tidak ada lagi antrean. Sayang waktu wisatawan kalau habis hanya mengantre untuk menyeberang. Wisatawan harus memiliki waktu yang baik untuk keliling Danau Toba, membelanjakan uang, dan mengunjungi destinasi yang menarik," jelas Arie.

Trail of The Kings Danau Toba 2024.(dok BPODT)

Pelari Indonesia, Malaysia Hingga Amerika Siap Bertarung di Trail of The Kings Danau Toba 2024

event lari trail berstandar internasional, dengan bertajuk 'Trail of The Kings (TOTK) Zero Edition', yang berlangsung di Water Front City, Pangururan, Kabupaten Samosir,

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024