Ini Peta Zona Merah Masuknya Narkoba Jelang Akhir Tahun

Ilustrasi barang bukti narkoba yang disita polisi beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Galih Pradipta

VIVA – Polri sudah memetakan wilayah-wilayah zona merah tempat masuknya narkotika jaringan luar negeri jelang perayaan natal dan tahun baru. Untuk itu, Polri pun sudah menyiapkan strategi mengantisipasi masuknya barang haram tersebut.

2 Pegawai Lion Air Ditangkap Terlibat Penyelundupan Narkoba, Begini Modusnya

"Menjelang tahun baru ini kita sudah melakukan analisa zona merah pesisir timur, pantai timur Sumatera, ini zona merah, dari Aceh sampai Lampung ini zona merah," kata Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri Brigadir Jenderal Polisi Eko Daniyanto kepada wartawan di kantornya, Jalan MT Haryono, Cawang, Jakarta Timur, Jumat, 14 Desember 2018.

Dia menekankan ada tiga zona yang dianalisis oleh polri. Selain zona pesisir timur, zona kedua yang disebut Eko yakni di Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Barat.

Ceramahnya Dituding Sindir Rhoma Irama, Ini Klarifikasi Umi Laila

"Zona tiga turun lagi ke Bali. Yang di bawah ini mereka masuknya dari Sumatera dan dikirim ke Jawa sampai dengan Sulawesi. Yang sementara abu-abu Sulawesi Selatan dan Sulut yang mereka dapat kiriman bisa langsung dari Filiphina maupun Malaysia ataupun kiriman Kaltim dan Kaltara," jelas Eko.

Menurut Eko, berdasarkan penangkapan di minggu kedua Desember 2018, sabu masih dikuasai sindikat Malaysia yang berkolaborasi dengan sindikat Aceh dan Medan. Sindikat itu menggunakan jalur masuk pesisir timur Sunatera masuk ke Aceh.

Narkoba Disamarkan Sebagai Susu! Pelajar Ditangkap di Bandara

"Sebagai gong akhirnya 3-4 hari sebelum natal, tahun baru kita akan laksanakan razia serentak seluruh jajaran mungkin bersama BNN dan TNI terutama seperti tempat hiburan diskotik, karaoke, live musik dan warung remang-remang yang bisa saja jadi peredaran narkotika," kata Eko. (umi)

Konpers 2 Pegawai Lion Air Selundupkan Narkoba ke Pesawat

Lion Air Buka Suara soal 2 Pegawainya Ditangkap Kasus Penyelundupan Narkoba

Lion Air Group angkat bicara soal kabar yang beredar yang menyebutkan dua pegawai mereka ditangkap polisi karena terlibat penyelundupan narkoba.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024