Gunung Soputan Erupsi, Warga Diminta Waspada 

Gunung Soputan erupsi
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi atau PVMBG, Badan Geologi Kementerian Energi Sumber Daya Mineral melaporkan, telah terjadi erupsi Gunung Soputan, Sulawesi Utara pada Minggu 16 Desember 2018, pukul 03:09 WITA, dengan tinggi kolom abu teramati kurang lebih 3.000 meter di atas puncak, kurang lebih 4.809 meter di atas permukaan laut. 

Gunung Marapi Erupsi Dibarengi Dentuman Keras, Ini Penjelasan Petugas Pos Pantau

"Kolom abu teramati berwarna kelabu, dengan intensitas tebal condong ke arah tenggara. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 40 mm (milimeter) dan durasi kurang lebih lima menit 51 detik," ujar Kepala PVBG, Kasbani dalam keterangan tertulis diterima VIVA di Jakarta, hari ini. 

Ia menuturkan, dari Pos PGA Soputan yang berada sekitar 10 kilometer di sebelah barat daya puncak, terdengar suara gemuruh hingga saat ini dan seismograf masih merekam tremor menerus mengindikasikan bahwa erupsi masih berlangsung. 

Gunung Marapi Erupsi Lagi, Muntahkan Abu Vulkanik Setinggi 500 Meter

"Saat ini, Gunung Soputan berada pada Status Level III (Siaga)," tuturnya. 

Dengan status itu, Kasbani mengimbau kepada masyarakat agar tidak beraktivitas di dalam radius empat kilometer dari puncak Gunung Soputan dan dalam wilayah sektor arah barat daya sejauh 6.5 KM yang merupakan daerah bukaan kawah, guna menghindari ancaman leleran lava dan awan panas guguran. 

Kisah di Balik Tugu Abel Tasman, Viral Usai Erupsi Marapi: Tempat Jasad Yasirli Amri Ditemukan

Kemudian, masyarakat juga diminta mewaspadai terjadinya ancaman aliran lahar, terutama pada sungai-sungai yang berhulu di sekitar lereng Gunung Soputan, seperti Sungai Ranowangko, Sungai Lawian, Sungai Popang, dan Londola Kelewahu. 

"Jika terjadi hujan abu, masyarakat dianjurkan menggunakan masker penutup hidung dan mulut, guna mengantisipasi terhadap gangguan saluran pernapasan," tambahnya. (asp)

Erupsi Gunung Marapi dibarengi dentuman keras Sabtu pagi, 30 Desember 2023

Gunung Marapi Erupsi Lagi, Warga Sekitar Diminta Waspada 

PVMBG Pos Pengamat Gunung Api Marapi, Sumatera Barat mengimbau kepada seluruh masyarakat yang tinggal di sekitar kaki gunung Marapi untuk tetap waspada.

img_title
VIVA.co.id
30 Desember 2023