Keerom Papua Diguncang Gempa 6,1 SR, Tak Berpotensi Tsunami

Ilustrasi mesin seismograf membaca gempa.
Sumber :
  • ANTARA Foto/Nyoman Budhiana

VIVA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa dengan magnitudo 6,1 terjadi di Keerom, Papua, Minggu, 16 Desember 2018 sekitar pukul 16.42 WIB. Pusat gempa di darat, 52 kilometer barat daya Keerom, Provinsi Papua ini tidak berpotensi tsunami.

Pagi Hari Langit Jakarta Mendung, Hujan Ringan Bakal Mengguyur

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan, gempa terasa kuat sekitar 3-4 detik di Kabupaten Keerom. 

"Masyarakat panik dan keluar dari bangunan atau rumah. Gempa juga dirasakan di Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura dan Kabupaten Pegunungan Bintang dengan intensitas guncangan sedang hingga ringan," kata Sutopo dalam keterangan tertulisnya, Minggu, 16 Desember 2018.

Gelombang Tinggi, Kapal Wisata Dilarang Berlayar ke Pulau Komodo

Dalam laporan yang diterima, tidak ada korban jiwa dan kerusakan bangunan. Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Papua juga sudah melaporkan bahwa keadaan aman dan terkendali.

"Masyarakat di Kabupaten Keerom, Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura dan Kabupaten Pegunungan Bintang diimbau agar tetap tenang dan tidak terprovokasi dengan berita yang tidak benar atau hoax," katanya. (art)

BMKG Peringatkan Waspada Gelombang Tinggi di Merak hingga Pesisir Anyer
Ilustrasi badai/topan.

Mengenal Badai Siklon Tropis, Penyebab Cuaca Ekstrem di Indonesia

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika/BMKG sebelumnya mendeteksi munculnya tiga bibit siklon tropis di wilayah Indonesia yang berpotensi menyebabkan cuaca ekstrem

img_title
VIVA.co.id
17 Maret 2024