Jelang Natal dan Tahun Baru, Dishub dan Polres Cek Kelayakan Bus

Jelang Natal dan Tahun Baru, Dishub dan Polres Cek Puluhan Bus
Sumber :
  • VIVA/Erfan Septyawan

VIVA – Dinas Perhubungan Kabupaten Cirebon mendatangi dua pul bus yaitu PO Sahabat dan PO Bhineka, Senin, 17 Desember 2018. Di dua lokasi ini, Dishub dan Polres Cirebon mengecek kelayakan bus.

Grup Bakrie Rayakan Natal dengan Beri Bantuan Korban Bencana

Pengecekan ini dilakukan jelang Natal dan Tahun Baru. Penguji KIR Dishub Eddy Suzendi mengatakan, pengecekan meliputi rem, ban serta komponen lainnya. 

"Yang kita cek adalah bus pariwisata dan reguler. Namun biasanya, bus yang ada di pul itu sudah dalam keadaan siap, itu pengalaman di tahun-tahun lalu. Makanya kita akan koordinasi dengan pihak Dishub Provinsi Jawa Barat serta kementerian untuk mengecek lokasi wisata dan terminal," ujar Eddy usai pemeriksaan bus di PO Sahabat di Kecamatan Plered. 

Perayaan Natal Pemprov DKI dan Warga Tak Gunakan APBD

Eddy menambahkan, biasanya bus yang dibawa ke lokasi wisata ada yang tidak layak. 

"Kita akan buka kemungkinan untuk turun langsung ke lokasi wisata. Tepatnya di lokasi wisata mana, kita akan koordinasi dulu. Biasanya di musim liburan seperti ini banyak warga yang menyewa bus wisata. Kalau ditemukan bus tidak layak di lokasi wisata, ya sudah kita kandangkan, sementara penumpangnya kita pindahkan ke bus lain," katanya.

Pemprov DKI Rayakan Natal Bersama Warga di Ancol Malam Ini

Menurutnya, akan ada empat pul bus yang akan diperiksa. "Kita ingin tahu sistem manajemen keselamatan tiap perusahaan bus seperti apa, pengecekan akan kita lakukan secara bertahap dalam beberapa hari ke depan," tuturnya.

Sementara itu, Kanit Dikyasa Polres Cirebon, Ipda Sudarman mengatakan, tak hanya kendaraan yang dicek, para sopir juga turut diperiksa.

"Hal ini antara lain untuk mengantisipasi penggunaan narkoba. Kita cek apakah sopirnya usai diperiksa terindikasi menggunakan narkoba, kalau ternyata positif ya jangan bawa kendaraan, sebab kecelakaan juga biasanya karena sopirnya menggunakan narkoba," ujar Sudarman. (art)

Laporan: Erfan Septyawan/Cirebon 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya