Polisi Periksa 3 Pekerja dan Sita Dokumen Proyek Dekat Raya Gubeng

Jalan Raya Gubeng ambles
Sumber :
  • Ist

VIVA – Tiga pekerja dari proyek di lokasi amblesnya tanah di Raya Gubeng Surabaya, Jawa Timur, diamankan polisi, setelah peristiwa amblesnya tanah pada Selasa malam, 18 Desember 2018. Ketiga pekerja itu dimintai keterangan, guna kepentingan penyelidikan penyebab kejadian tersebut.

Jalan Negara di Sepaku Ambles Dilintasi Truk Sawit, Jalur ke IKN Terputus

Seperti diketahui, di sisi kiri jalan yang ambles merupakan lahan proyek yang masih tahap pembangunan. Sebagian lahan proyek itu ikut termakan lubang memanjang akibat amblesan tanah tersebut. 

"Tiga pekerja proyek sudah diamankan untuk dimintai keterangan," kata Kepala Polda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan di lokasi pada Rabu dini hari, 19 Desember 2018. 

Jalan Ambles di Kawasan Olimo Jakarta Barat, Polisi sebut Tidak Ada Pengalihan Arus

Dia mengaku masih menyelidiki proyek tersebut dibangun untuk apa. Informasi diperoleh, proyek itu merupakan perluasan Rumah Sakit Siloam. Rumah sakit tersebut, berada tak jauh dari lokasi kejadian, hanya sekira 200 meter.

"Orang-orangnya (RS Siloam) dihubungi tidak aktif," katanya.

Jalan Ambles Ciawi-Sukabumi Makin Lebar, Jalur Ditutup Total

Proyek itu, lanjut Luki, dikerjakan oleh PT Nusa Engineering Konstruksi (NEK). Bos perusahaan tersebut, kata Kapolda, akan datang ke lokasi pada Rabu pagi. 

"Besok pagi-pagi, direkturnya akan datang ke sini atas nama inisial D," ungkapnya.

Sementara ini, kata dia, langkah pertama yang dilakukan petugas ialah pemeriksaan lokasi dan pencarian, serta evakuasi korban. 

"Langkah pertama mengevakuasi korban dulu, seandainya itu ada. Kita masih melakukan (pencarian) dulu, karena suasananya gelap," kata Luki. 

Selain memeriksa pekerja, Kepolisian juga menyita sejumlah dokumen milik NEK. Bos perusahaan konstruksi tersebut, juga akan dimintai keterangan terkait insiden tersebut. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya