Saksi Detik-detik Tanah Ambles di Gubeng: Bergetar dan Bergemuruh

Jalan Raya Gubeng Surabaya ambles
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Didik Suhartono

VIVA – Tanah ambles di Jalan Raya Gubeng Surabaya, Jawa Timur, pada Selasa malam, 18 Desember 2018, terjadi mendadak. Kejadian itu mencipta lubang besar menganga sedalam kira-kira 20 meter. Saat kejadian, permukaan tanah di sekitar lokasi bergetar dan terdengar suara gemuruh.

Enam Terdakwa Jalan Gubeng Ambles Disidang Perdana Hari Ini

"Di situ ada proyek. Ketika ambles tanah bergetar, Mas. Ada suara gemuruh," kata seorang juru parkir di RS Siloam kepada VIVA. Rumah sakit tersebut berada sekira 200 meter dari titik amblesan.

Tanah ambles itu mencipta lubang besar dan melintangi Jalan Raya Gubeng dengan panjang sekira seratus meter dan lebar 30 meter. Lubang raksasa itu memakan sebagian besar lahan proyek bangunan di sisi kiri jalan, seluruh badan jalan, dan halaman dua gedung di sisi kanan jalan.

Polri Pamer Labfor Surabaya, Kasus Vanessa hingga Bom Diungkap di Situ

Tanah ambles terjadi diduga karena pengerjaan proyek bangunan. Proyek itu dikerjakan oleh PT Nusa Engineering Konstruksi. Tiga pekerja proyek sudah diamankan untuk kepentingan penyelidikan. "(Di dalam lubang) Ada dua alat berat tertimbun dan ada satu mobil yang ditinggalkan orangnya," katanya di lokasi pada Rabu dini hari, 19 Desember 2018.

Petugas penyelamat masih menyisir untuk mengetahui ada atau tidaknya korban. Suasana gelap jadi kendala petugas dalam melakukan pencarian dan proses evakuasi. "Langkah pertama melakukan evakuasi korban, kalau itu ada," kata Luki.

Berkas Gubeng Ambles Tak Segera P21, Kajati: Butuh Bukti Niat Jahat 

Pengamatan VIVA di lokasi, petugas Kepolisian menutup akses dari Raya Ngagel menuju Gubeng. Begitu pula jalur dari Kayoon atau Jalan Panglima Sudirman menuju Gubeng, juga ditutup. Garis polisi dipasang radius seratus meter dari titik amblesan. Puluhan mobil pemadam kebakaran dan beberapa ambulan disiagakan.

Ilustrasi - Seismograf, alat pencatat getaran gempa.

Gempa Magnitudo 6,1 Sebabkan Tanah Ambles 8 Meter di Maluku Tengah

Gempa yang mengguncang Pulau Seram menyebabkan tanah ambles di Desa Tehoru, Kecamatan Tehoru, Kabupaten Maluku Tengah.

img_title
VIVA.co.id
16 Juni 2021