Kapal Tongkang dengan 12 Orang Myanmar Tenggelam di Perairan Aceh

Dua belas warga Myanmar diamankan polisi setelah kapal tongkang yang mereka tumpangi tenggelam di perairan di perairan Idi, Aceh Timur.
Sumber :
  • VIVA/Dani Randi

VIVA – Kapal Tongkang dengan nama lambung MV Htoo Anna War asal Myanmar dilaporkan tenggelam setelah dihantam ombak di perairan Idi, Aceh Timur.

Ritual Mistis Junta Myanmar Tak Mempan! Rathedaung Jatuh ke Tangan Sekelompok Bersenjata Etnis

Kapal tersebut mengangkut kayu dengan tujuan Penang, Malaysia. Dua belas orang anak buah kapal berhasil diselamatkan oleh nelayan Aceh, yang saat itu mencari ikan di lokasi yang tidak terlalu jauh.

Mereka awalnya ditemukan para nelayan dalam posisi terombang-ambing di laut lepas, 180 mil dari garis pantai. Setelah didaratkan, belasan warga Myanmar itu diperiksa identitasnya di Kantor Satuan Polisi Air Polres Aceh Timur.

5 Kekejaman Junta Militer Myanmar, Salah Satunya Hukum Mati Pelajar

Kepala Satuan Polisi Air Polres Aceh Timur, Iptu Pidinal Limbong, mengatakan bahwa kapal tongkang itu melintasi perairan Indonesia-Thailand saat cuaca buruk dan ombak besar. Tiba-tiba kapal muatan kayu itu menghilang dan tenggelam diterjang ombak, dan para anak buah kapal hanyut menuju ke arah perairan Indonesia.

“Melihat kejadian tersebut yang lokasinya tidak jauh dari mereka, lalu tekong KM Tabina berusaha memberikan pertolongan kepada para anak buah kapal yang hanyut tersebut,” kata Pidinal saat dikonfirmasi, pada Rabu, 19 Desember 2018.

Kekejaman Junta Myanmar! Rohingya Dipaksa Bergabung dengan Militer

Menurut pengakuan warga Myanmar itu mereka berangkat dari negaranya menuju Malaysia. Lalu diterjang ombak dan kapal tongkang mereka tenggelam.

Kedua belas warga Myanmar itu sudah diamankan ke Markas Mapolres Aceh Timur guna pemeriksaan. "Tadi pagi begitu didaratkan langsung kita amankan, dan sudah kita serahkan ke polres untuk dilidik," ujarnya. (mus)

VIVA Militer: Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut

5 Angkatan Laut dengan Armada Terbanyak di Asia Tenggara, Posisi Indonesia Mencengangkan

Membicarakan tentang kehadiran Angkatan Laut yang memiliki jumlah kapal terbesar di Asia Tenggara merupakan topik menarik yang patut diperhatikan.

img_title
VIVA.co.id
22 Maret 2024