Libur Akhir Tahun, KAI Semarang Sebar Ribuan Pasukan Rel

Apel gelar pasukan Nataru PT Kereta Api Daerah Operasional 4 Semarang, Jateng.
Sumber :
  • Dwi Royanto

VIVA – PT Kereta Api Daerah Operasional 4 Semarang, Jawa Tengah, siap siaga memastikan kelancaran angkutan libur Hari Natal dan Tahun Baru 2019.  

Momen Ganjar Tengok Perayaan Natal di Asrama Mahasiswa Papua

Terkait kelancaran operasioanal kereta, perseroan menerjunkan ribuan petugas untuk melayani para pengguna jasa kereta api di 44 stasiun. Dari wilayah Tegal, Semarang, Cepu hingga stasiun Gundih, Jawa Tengah.

Salah satu perhatian penting selama angkutan Nataru pada 20 Desember 2018 hingga 6 Januari 2019 adalah keamanan jalur rel. Total ada 1.141 petugas unit jalan rel diterjunkan.

Pesan Natal Paus Fransiskus: Dialog untuk Sembuhkan Dunia

Mulai dari petugas pemeliharaan jalur rel dan jembatan, petugas pemeriksa jalur rel, petugas penjaga perlintasan dan petugas sebagai pendukung perawatan jalur rel lainnya.

"Ribuan petugas jalur rel ini terbagi dari 958 petugas unit jalan rel reguler serta 183 petugas tambahan," ujar Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Suprapto, usai apel gelar pasukan Nataru di Stasiun Semarang Tawang, Rabu 19 Desember 2018.

Begini Cara Wali Kota Malang Deteksi Kerumunan Agar Tak Kena Covid

PT Kereta Api Daerah Operasional 4 Semarang, Jawa Tengah, cek keamanan rel.

Dari  total sebanyak 183 petugas tambahan ini, Suprapto membeberkan akan disiagakan seperti 85 petugas sebagai personel PPJ (Petugas Penilik Jalan) Ekstra, 84 personel PJL (Penjaga Jalan Lintas) Ekstra, dan 14 personel posko daerah rawan.

Guna memberikan rasa aman bagi pengguna jasa kereta, pihaknya telah menyiapkan 173 personel keamanan yang terdiri dari 99 personel Polsuska, 4 personel pawang K-9 untuk mengoperasikan 2 unit K-9, dan 70 personel BKO TNI/ Polri.

Personel keamanan tersebut akan melakukan pengamanan di atas KA, stasiun, maupun secara mobile melakukan patroli di jalur kereta dan objek-objek penting lainnya seperti dipo lokomotif dan kereta.

"Kita juga siagakan 89 CCTV di pasang tersebar di stasiun wilayah PT KAI Daop 4 Semarang guna lebih memperkuat sistem keamanan," ujarnya.

Dari sisi layanan kesehatan, 46 personel kesehatan dikerahkan seperti 6 orang dokter, 16 paramedis dan 24 tenaga pendukung layanan kesehatan lainnya. Nantinya ada lima posko kesehatan yang terdapat di Stasiun Tegal, Stasiun Pekalongan, Stasiun Semarang Tawang, Stasiun Semarang Poncol dan Stasiun Cepu.

Executive Vice President, PT KAI Daop 4 Semarang, Yosita, berpesan kepada semua petugas posko Nataru di wilayahnya untuk bekerja dengan ikhlas, ramah dan bersungguh-sungguh ketika melayani para penumpang kereta api selama liburan Natal dan Tahun Baru ini.

"Kita harus berusaha agar momen angkutan Natura ini, bisa menjadi pengalaman menyenangkan bagi masyarakat dalam menggunakan layanan transportasi umum khususnya kereta api," ujar Yosita.

Ia memprediksi, puncak lonjakan penumpang kereta api di wilayah PT KAI Daop 4 Semarang akan terjadi sebanyak dua kali pada 25 Desember 2018 sebanyak 25.679 penumpang dan 1 Januari 2019 sebanyak 26.312 penumpang.

Volume penumpang selama 18 hari masa angkutan Nataru tersebut, di wilayah PT KAI Daop 4 Semarang diprediksi bisa mencapai jumlah total 394.958 penumpang atau naik 4,8 persen dibanding masa angkutan Nataru tahun lalu sebanyak 376.849 penumpang. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya