Perbaiki Saluran Air, Warga Temukan Kuburan Massal Tsunami Aceh

Temuan kuburan massal di Aceh
Sumber :
  • VIVA/Dani Randi

VIVA – Sekitar 30 jenazah korban tsunami Aceh 2004 silam yang terletak di samping rumah warga di Dusun Lamseunong, Desa Kajhu, Kecamatan Baitussalam, Kabupaten Aceh Besar, Aceh ditemukan warga pada Rabu 19 Desember 2018.

Krisis Gaza Makin Dalam Saat Kuburan Massal Ditemukan di Tengah Pembicaraan Gencatan Senjata Israel

Penemuan ini sontak membuat warga sekitar kaget dan berbondong-bondong menggali tanah di area sekitar ditemukannya puluhan jenazah itu.

Kepala Dusun Lamseunong, Nisam mengatakan, awalnya pemilik rumah sedang menggali tanah untuk memperbaiki saluran air. Namun dia terkejut saat menggali menemukan jenazah yang terbungkus plastik hitam.

Ngeri, Kuburan Massal Kembali Ditemukan Berisi 210 Mayat di Gaza Palestina

Mengetahui bahwa isi bungkusan plastik adalah mayat, pemilik rumah langsung melaporkan hal itu ke kepala desa setempat. Kemudian dilakukan penggalian dengan menggunakan alat berat.

Semua kerangka yang berbalut plastik hitam lalu dikumpulkan satu per satu dan selanjutnya dikafankan secara islami.

BMKG Sebut Erupsi Gunung Ruang di Sulut Berpotensi Tsunami: Ada Catatan Sejarahnya

"Kami akan kuburkan kembali di desa kami, ini kan mayatnya sudah tinggal tulang, jadi sulit kita kenali," kata Nisam kepada wartawan di Aceh.

Nisam menyebutkan, selama ini di lokasi itu, tidak ada tanda-tanda bahwa ada kuburan massal. 

Desa Kajhu, lanjut dia, memang salah satu daerah yang banyak menyisakan korban saat tsunami 2004 lalu. Di samping itu, masih banyak warga sekitar yang belum menemukan jenazah keluarganya saat tsunami dahulu.

Oleh karena itu, warga sekitar banyak yang mendatangi ditemukannya area kuburan massal tersebut. Hingga saat ini, penggalian menggunakan alat berat masih dilakukan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya