KPK: Dana Hibah di Rekening Pejabat Kemenpora Capai Ratusan Juta

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Agus Rahardjo
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

VIVA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus mendalami kasus dugaan korupsi dana hibah dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) kepada KONI, yang kini menjerat sejumlah pejabat.

Kalahkan Australia, Timnas Indonesia U-23 Didominasi Alumnus PPLP dan SKO Kemenpora

Ketua KPK Agus Rahardjo mengatakan, tidak menutup kemungkinan penyidik KPK turut menyelidiki dana dari kegiatan Asian Games 2018 lalu yang digelar di Jakarta dan Palembang.

"Karena kalau kami lihat Kemenpora, pasti bukan hanya dana hibah ke KONI, ada juga yang ke IOC (Komite Olimpiade Internasional ). Kami bisa men-trace juga misalkan dana Asian Games jadi kami akan menelusuri itu," kata Agus di kantornya, Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu, 19 Desember 2018.

Sudah Video Call, Penyerang Label Eropa Bakal Perkuat Timnas Indonesia?

Agus menambahkan, pihaknya baru menemukan bukti dari operasi tangkap tangan tim KPK, terkait bukti dana hibah yang berada di rekening Deputi IV Prestasi Olahraga, Mulyana, mencapai ratusan juta.

"Uang kan hanya Rp200 juta, sama Rp100 juta di ATM-nya Pak deputi tadi, ATM itu ternyata di-suplai dari kickback," kata Agus

Meski Sudah Malam, Maarten Paes Hadiri Rapat Kerja Komisi X DPR Pakai Baju Kerah Timnas Indonesia

Lebih lanjut, Agus mengatakan, terhadap kasus OTT di Kemenpora akan disampaikan secara lengkap dalam konferensi pers. "Makanya nanti kami akan ekspose, kami akan tahu detail dan kami konpers nanti malam." 

Sejauh ini KPK mengungkapkan telah menciduk 9 orang terkait kasus dana hibah Koni. Lima di antaranya adalah pihak Kemenpora, sisanya dari pihak KONI. (mus)

Pemain Timnas Indonesia U-23 rayakan gol Komang Teguh

Dominasi Skuad Timnas U-23 di Piala Asia, Menpora Dito Akan Terus Maksimalkan PPLP dan SKO

Menpora Dito Ariotedjo buka suara terkait jebolan PPLP, PPOP, dan SKO Kemenpora mendominasi skuad Timnas Indonesia U-23 saat mengalahkan Australia.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024