Jalan Ambles, BNPB Minta Surabaya Perketat Izin Konstruksi Gedung

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Galih Pradipta

VIVA - Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB, Sutopo Purwo Nugroho akan membentuk tim untuk menyelidiki kasus amblesnya Jalan Raya Gubeng, Surabaya, pada Selasa malam, 18 Desember 2018.

Jalan Negara di Sepaku Ambles Dilintasi Truk Sawit, Jalur ke IKN Terputus

Sutopo juga meminta pemerintah Kota Surabaya, untuk memperketat masalah proses perizinan pembangunan gedung yang ada di wilayah tersebut.

"Pemerintah Kota Surabaya, agar mengevaluasi proses perizinan dan mekanisme pelaksanaan terhadap konstruksi," ujar Sutopo di kantornya, Jakarta Timur, Rabu 19 Desember 2018.

Jalan Ambles di Kawasan Olimo Jakarta Barat, Polisi sebut Tidak Ada Pengalihan Arus

Selain itu, ia juga meminta, agar pihak tertentu melakukan audit forensik terkait berbagai proyek sekitar lokasi kejadian bencana yang berpeluang menjadi pemicu terjadinya musibah.

Tentu, masalah transportasi sudah sejak tadi malam Polri sudah melakukan penanganan pasti, karena itu jalan vital akan segera diperbaiki dengan diurug dan dibangun jalan kembali.

Jalan Ambles Ciawi-Sukabumi Makin Lebar, Jalur Ditutup Total

"Dalam hal ini, aparat penegak hukum di sana menginvestigasi terkait dengan adanya kecelakaan atau musibah terkait dengan kesalahan konstruksi," ujarnya.

Kejadian ini bukan disebabkan karena masalah gempa, melainkan adanya dugaan kesalahan pembangunan basement Rumah Sakit Siloam yang berada di dekat daerah tersebut.

"Fenomena karena lebih banyak, karena kesalahan konstruksi terkait dalam pembangunan basement rumah sakit yang ada di sana," ujarnya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya