Pakai Biodiesel B20, Mesin Tak Perlu Dimodifikasi

Gerai layanan Call Center 14036 B20.
Sumber :

VIVA – Sejak pemerintah memberlakukan aturan penggunaan bahan bakar diesel jenis baru, muncul banyak pertanyaan dari para penggunanya. Aturan itu mulai diterapkan pada 1 September 2018.

Pengusaha Muda Sleman Wakili Indonesia di Forum B20 India

Selain soal kualitas dan performa dari bahan bakar itu sendiri, pengguna kendaraan bermesin diesel juga penasaran soal kecocokan BBM baru yang disebut biodiesel B20 itu dengan mobil atau truk yang dipasarkan di dalam negeri.

Sejauh ini, beberapa produsen kendaraan sudah angkat bicara soal hal itu. Contohnya Suzuki Indonesia, yang menyatakan bahwa produk mereka aman mengonsumsi B20.

Sri Mulyani: Importance of B20 Forum for World Economic Growth

“Kami sudah enggak menjual Ertiga Diesel Hybrid, setelah All New Ertiga dijual. Tapi, sudah diuji, enggak masalah pakai B20,” kata Direktur Pemasaran Divisi Roda Empat PT Suzuki Indomobil Sales, Donny Saputra kepada VIVA.

Hal senada juga diungkapkan Sales and Marketing Director PT Mitsubishi Krama Yudha Tiga Berlian Motors, Duljatmono. Menurutnya, semua produk Fuso dan Colt yang dipasarkan aman mengonsumsi biodiesel B20.

B20 Communique Submitted to Jokowi for Global Economic Recovery

“Soal B20, Mitsubishi Fuso siap dengan itu. Jadi, tidak ada masalah antara semua produk Mitsubishi Fuso dengan B20,” ujarnya di Pekanbaru, Riau belum lama ini.

Duljatmono juga memastikan, kendaraan Mitsubishi yang mereka jual tidak memerlukan modifikasi, agar B20 bisa digunakan dengan aman.

“Kami enggak memodifikasi mesin, hanya mempersiapkan kendaraan. Contohnya, Colt Diesel kami pasang double filter. Untuk mengantisipasi penggunaan B20,” tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya