Asep Yaya, Bocah Yang Telan Peluit Sudah Boleh Pulang

Asep Yaya, bocah dengan peluit di paru-parunya.
Sumber :
  • Youtube Teman Baik

VIVA – Asep Yaya (9), warga Desa Girimukti Saguling, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, harus menjalani perawatan khusus dari tim dokter Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung, untuk mengangkat peluit yang bersarang di tenggorokannya selama dua bulan.

Heboh Wali Nagari di Sumbar Digerebek Warga Mesum dengan Sesama Jenis, Kantor Disegel

Setelah menjalani perawatan usai pengangkatan peluit yang bersarang di saluran utama pernafasannya, Asep Yaya, akhirnya sudah diperbolehkan pulang pada Jumat, 21 Desember 2018.

Menurut penjelasan dokter dr Ayu Hardianti Saputri Sp THT KL, bahwa Asep saat ini sudah dalam kondisi baik. Setelah operasi dilakukan, tidak ditemukan adanya luka atau bengkak pada bagian utama pernafasannya.

Remaja yang Viral Keroyok Pelajar SMP di Makassar Ditangkap, Ada 5 Pelaku Masih Dibawah Umur

"Tidak ditemukan luka pada bagian organ pernafasan. Kondisinya sehat dan diperbolehkan pulang," katanya.

Selain operasi pengangkatan yang berhasil, setelah operasi dilakukan juga tidak ada keluhan dari Asep Yaya. Setelah dilakukan observasi selama satu hari, Asep dinyatakan bisa pulang.

Viral Pelamar Kerja Wanita Dilecehkan saat Wawancara

Asep Yaya, tak sengaja menelan peluit saat asyik memainkannya. Orangtuanya lantas membawa dia ke puskesmas terdekat.

Lantaran peralatan medis yang kurang lengkap, puskesmas lalu merujuknya untuk diperiksa ke rumah sakit. Tapi karena tak punya biaya, orangtuanya memilih untuk membawa bocah itu berobat ke tempat lain.

Sampai akhirnya dua bulan berlalu, peluit itu masih tetap bersarang di paru-parunya. Posisi peluit, ternyata di percabangan utama dari Bronkus kiri. Posisi ini memang tidak terlihat dalam rontgen, karena (bahannya) plastik tidak akan terlihat.

Laporan: Jhon Hendra/Bandung

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya