Revisi Aturan Taksi Online, Menhub Tunggu Pengesahan Menkumham

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Rifki Arsilan

VIVA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan, revisi Peraturan Menteri 108 Tahun 2017 tentang Transportasi Online yang beberapa hari lalu sudah ditandatanganinya, saat ini masih menunggu pengesahan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

DKI Berencana Pajaki Online Shop hingga Ojol, Kemenkeu Ingatkan soal Pajak Berganda

"Revisi aturan kami sudah tandatangani akan disampaikan pada Menkumham," kata Budi Karya Sumadi, usai menghadiri acara Grab Karnaval di JI-Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu, 22 Desember 2018.

Ia menambahkan, revisi Peraturan Menteri 108 Tahun 2017 itu memiliki dua poin penting, yaitu penentuan tarif dan jumlah kuota transportasi online.

Rawan Terjadi di Transportasi Online, Para Ojol Dapat Pelatihan Pencegahan Kekerasan Seksual

Terkait dengan penentuan tarif, Budi berharap, operator tidak terlalu banyak memberlakukan diskon tarif.  "Karena diskon itu mengakibatkan driver itu kurang pendapatannya. Kalau kurang (pendapatan) dia harus bekerja lebih payah. Saya pikir pelanggan mengerti kalau terlalu murah itu harus ditanggung oleh aplikator," ujarnya.

Soal kuota jumlah transportasi online, kata Budi, banyaknya jumlah transportasi online akan berdampak pada angkutan atau transportasi konvensional. Ia berharap kepada pihak operator agar tidak lagi menambah jumlah taksi online, dengan sistem memperhatikan performa mitra yang saat ini sudah ada.

Kadishub DKI Sebut Ojek Online Tak Akan Dikenakan ERP

"Kuota ini kami upayakan ada semacam undian  dengan adanya pengemudi yang sekarang, namun dengan syarat tidak  boleh lagi tambah," kata Budi.

Vice President Enterprise Product Management Telkomsel Hanang Setiohargo.

Mendongkrak Pendapatan Mitra Pengemudi

Telkomsel sudah mengimplementasikan Fitur Differensiasi QoS Class Identifier (QCI) untuk memfasilitasi lebih dari 2,6 juta mitra pengemudi layanan transportasi online.

img_title
VIVA.co.id
19 Desember 2023