Jalan Serang-Pandeglang Putus Dihantam Tsunami

Warga Anyer berhamburan ke jalan raya karena ada isu tsunami.
Sumber :
  • Repro twitter

VIVA – Badan Nasional Penanggulangan Bencana menyebutkan jalan yang menghubungkan antara Kabupaten Serang dan Pandeglang terputus akibat diterjang gelombang tsunami. Tsunami terjadi akibat aktivitas vulkanik anak Gunung Krakatau yang mengalami erupsi Sabtu 22 Desemer 2018.

Gempa M 5,4 Guncang Kepulauan Seribu, Tak Berpotensi Tsunami

Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulisnya, Minggu 23 Desember 2018, jalan terputus merupakan jalan raya utama.

Tidak hanya jalan raya penghubung Serang dan Pandeglang saja yang terputus, jalan penghubung wilayah Anyer dan Carita juga terputus. Berdasarkan laporan reporter tvOne, warung-warung di sepanjang pantai Anyer-Carita juga tergerus tsunami. Sementara rumah-rumah warga yang tak jauh dari pantai rsak berat. Namun sejumlah warga masih bertahan di rumah mereka.

Gunung Ruang Erupsi Lagi, BMKG Efektifkan Lima Stasiun Pendeteksi Tsunami

Untuk penanganan darurat, BNPB, masih terus dilakukan oleh BPBD bersama TNI, Polri, Basarnas, SKPD, Tagana, PMI, relawan dan masyarakat. Bantuan logistik disalurkan.

Masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan tidak terpancing isu-isu yang menyesatkan. Update penanganan darurat akan terus disampaikan.

Gunung Ruang di Sitaro Kembali Erupsi, PVMBG Minta Masyarakat Waspada Potensi Tsunami
Ilustrasi - Kapal riset OceanXplorer menurunkan kapal selam untuk meneliti perairan.

BMKG Mulai Persiapkan Ekspedisi Investigasi Fenomena Kegempaan Zona Megatrust di RI

BMKG mulai mempersiapkan ekspedisi investigasi fenomena kegempaan yang ada pada zona megatrust di Tanah Air untuk menyempurnakan model gempa bumi dan tsunami.

img_title
VIVA.co.id
19 Mei 2024