Ali, Bocah Lima Tahun Selamat dari Tsunami Banten

Seorang anak berhasil diselamatkan dari reruntuhan bangunan pasca tsunami yang terjadi di Selat Sunda
Sumber :
  • Dok. Mabes Polri

VIVA – Jajaran Polri berhasil melakukan evakuasi terhadap anak berusia lima tahun bernama Ali yang ditemukan selamat dari terjangan tsunami di Selat Sunda. Tim evakuasi yang dikerahkan Polri itu menyelamatkan bocah tersebut saat berada di balik reruntuhan Hotel Mutiara Carita, Banten.

BMKG Sebut Erupsi Gunung Ruang di Sulut Berpotensi Tsunami: Ada Catatan Sejarahnya

"Pertolongan pada pukul 08.30 WIB. Korban anak yang diselamatkan atas nama Ali, umur 5 tahun," kata Kepala Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Polisi Mohammad Iqbal ketika dikonfirmasi, Minggu 23 Desember 2018.

Iqbal mengatakan, kondisi Ali saat ini mengalami luka ringan dan sudah ditangani oleh Bidang Kedokteran dan Kesehatan Polda Banten. "Pertolongan dipimpin oleh Dansat Brimob Polda Banten. Di lokasi ada dua pleton Brimob," ujarnya.

Gunung Ruang Erupsi, Pemkab Sitaro Tetapkan Tanggap Darurat Selama 14 Hari

Kemudian, Iqbal menjelaskan sampai saat ini, pihaknya bersama dengan instansi terkait lainnya masih mencari keberadaan orangtua dari anak itu.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memperbaharui jumlah korban sementara meninggal dunia akibat tsunami di pesisir Banten. Ada 62 korban meninggal dunia.

Badan Geologi: Potensi Tsunami Akibat Gunung Ruang Bisa Setinggi 25 Meter

"Data dampak tsunami sampai dengan 23 Desember 2018 sampai dengan pukul 10.00 WIB, data sementara jumlah korban meninggal 62 orang, luka-luka 584 orang, hilang 20 orang," ujar Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangannya, Minggu, 23 Desember 2018.

Tsunami terjadi pada Sabtu, 22 Desember malam. Selain sementara 62 orang meninggal, terdapat ratusan unit rumah rusak berat.

"Kemudian terdapat 430 unit rumah rusak berat, 9 unit hotel rusak berat, 10 kapal rusak berat. Dan data ini akan terus bergerak naik," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya