Jokowi Susuri Pantai Carita, Lihat Cottage Sudah Rata dengan Tanah

Sejumlah warga mencari korban meninggal di antara reruntuhan rumah yang porak poranda diterjang tsunami di Pantai Carita, Pandeglang, Banten, Minggu, 23 Desember 2018.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

VIVA – Presiden Joko Widodo menyusuri pantai Carita, Pandeglang, Banten, Senin, 24 Desember 2018. Lokasi pantai tersebut merupakan salah satu lokasi yang paling parah terdampak tsunami yang terjadi Minggu kemarin, 23 Desember 2018.

Bongkahan Anak Krakatau Picu Tsunami Banten Dipetakan di Dasar Lautan

Berdasarkan pantauan VIVA, Jokowi berbusana santai saat melakukan penyusuran. Ia mengenakan kemeja putih dengan lengan panjang yang digulung yang merupakan ciri khasnya, serta celana jins biru dan sepatu kets.

Jokowi yang juga Capres petahana di Pilpres 2019 itu mendatangi sejumlah pondok di Hotel Mutiara Cottage yang berada tepat di pinggir pantai dengan kondisi yang sudah rusak parah. Ia menerima penjelasan antara lain dari Gubernur Banten Wahidin Halim, Bupati Pandeglang Irna Narulita serta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Setahun Lalu Istri Tewas saat Tsunami Banten, Ade Jigo Siap Nikah Lagi

Kondisi Hotel Mutiara Cottage terlihat porak poranda. Hampir semua pondok rusak. Bahkan pondok-pondok dengan posisi paling dekat dengan pantai sudah rata dengan tanah. Satu unit bus juga terlihat terparkir dengan kondisi beberapa bagiannya terlepas.

Selain itu, tanggul yang menjadi pembatas pantai dan hotel terlihat jebol di beberapa titik. Pohon-pohon kelapa juga bertumbangan.

Terancam Tsunami dan Gempa Besar, Warga Banten Dianggap 'Tidak Siap'

Jokowi sejak pagi meninjau sejumlah titik di Kabupaten Pandeglang seperti tempat pengungsian juga posko penanggulangan tsunami. Titik-titik itu tepatnya Kantor Kecamatan Labuan, Puskesmas Labuan, posko pengungsian Kemensos di lapangan futsal Ranca Teureup, serta rumah sakit lapangan Batalyon Kesehatan Marinir Cilandak.

Selain pejabat yang telah disebutkan, Jokowi juga antara lain didampingi oleh Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Kepala Kepolisian RI Jenderal Polisi Tito Karnavian serta Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Kondisi lokasi wisata Anyer dan Carita menjelang Tahun Baru

Wisata Pantai Anyer Mulai Bangkit dari Tragedi Kelam Tsunami Banten

Pemkab Serang menyatakan, kawasan wisata Anyer aman untuk didatangi.

img_title
VIVA.co.id
29 Desember 2019