Peringati 14 Tahun Tsunami, Nelayan Aceh Dilarang Melaut

Tsunami di Aceh
Sumber :
  • www.jtic.org / Yuichi Nishimura, Hokkaido University

VIVA – Lembaga Panglima Laot Aceh menyerukan kepada seluruh nelayan di Aceh untuk tidak pergi melaut pada Rabu, 26 Desember 2018, karena bertepatan dengan peringatan 14 tahun gempa dan tsunami Aceh.

Gunung Ruang Erupsi, Pemkab Sitaro Tetapkan Tanggap Darurat Selama 14 Hari

Seluruh Panglima Laot kabupaten/kota di Aceh juga telah bersepakat bahwa pada 26 Desember dijadikan hari dilarang melaut bagi nelayan Aceh.

Hal itu juga setara dengan hari pantangan lain seperti hari Jumat, lebaran Idul Fitri dan Idul Adha, dan sejumlah hari-hari besar. Keputusan itu didasarkan pada peringatan tragedi gempa dan tsunami yang banyak memakan korban. 

Badan Geologi: Potensi Tsunami Akibat Gunung Ruang Bisa Setinggi 25 Meter

“Hari pantang melaut di Aceh pada hari tsunami untuk mengenang para korban tsunami. Apalagi banyak di antara korban tsunami berasal dari nelayan yang tinggal di pesisir pantai,” kata Sekretaris Panglima Laot Aceh, Miftach Cut Adek, Selasa, 25 Desember 2018.

Apabila ada nelayan yang kedapatan melaut, Panglima Laot akan memberikan sanksi berupa kapal ditahan dan hasil tangkapan disita. Penahanan kapal paling sebentar 3 hari dan paling lama 7 hari, sementara hasil tangkapan disita untuk lembaga Panglima Laot.

BMKG 'Tak Berkedip Mata' Pantau Potensi Tsunami Imbas Erupsi Gunung Ruang

Dia mengajak seluruh nelayan untuk mengisi hari pantang melaut itu dengan berzikir dan berdoa bersama. Selain itu, para nelayan juga diminta untuk membacakan ayat suci Alquran di rumah masing-masing. (mus)

Gunung Ruang di Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara, terpantau diselimuti awan kabut dari atas KM Bimasena yang digunakan oleh Tim Kantor SAR Manado mengevakuasi warga setempat, Rabu, 18 April 2024.

BMKG Sebut Erupsi Gunung Ruang di Sulut Berpotensi Tsunami: Ada Catatan Sejarahnya

BMKG mengingatkan warga agar mewaspadai potensi terjadinya tsunami akibat erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Kabupaten Sitaro, Sulut

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024