Semarang Diterjang Banjir, Wali Kota Tagih Janji Pengembang Perumahan

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi.
Sumber :
  • Dwi Royanto/VIVA.co.id

VIVA – Wali Kota Semarang, Jawa Tengah Hendrar Prihadi menagih janji pengembang perumahan di wilayahnya dalam membangun embung penangkal banjir. Hal itu menyusul kejadian banjir di wilayah Semarang bagian atas hingga menggenangi sejumlah perumahan.

Wow! Crazy Rich Vietnam Divonis Mati Gegara Korupsi 200 Triliun

"Kami instruksikan agar beberapa developer (perumahan) sekitar sini untuk segera memenuhi janjinya membuat embung. Embung ini berguna menampung air dari atas ke bawahnya," kata Hendrar saat meninjau wilayah terdampak banjir di Meteseh Tembalang, Rabu, 26 Desember 2018. 

Jika utang sejumlah pengembang terkait embung itu terealisasi, Hendrar yakin banjir yang melanda daerah atas ketika intensitas curah hujan sangat tinggi tak akan terjadi. 

Apartemen Antasari 45 Mangkrak, Begini Penjelasan Lengkap PDS

Pascabanjir yang melanda kawasan Semarang atas, Wali kota pun mengecek perbaikan tanggul Sungai Kedungwinong. Tanggul tersebut sempat jebol akibat hujan mengguyur kota Semarang sekitar lima jam pada Selasa, 25 Desember 2018. 

Dengan menggunakan sepatu bot berwarna oranye pria yang sering disapa Hendi itu menyusuri aliran sungai bersama warga. Ia meninjau titik jebol yang mengakibatkan banjir di tiga perumahan. Seperti Perumahan Emerald, Perumahan Dinar Elok, dan Dinar Mas.

23 Ribu Pohon Ditebang, Petani Coklat Gugat Sentul City Rp3,8 Miliar

“Tanggul jebol di sini akibat curah hujan tinggi di daerah atas kemudian turun ke bawah, tidak hanya bawa air saja, tapi juga balok kayu, sampah, dan lain-lain,” ujarnya menambahkan.

Ia juga menyoroti adanya penutupan jalur sungai oleh masyarakat untuk mengairi persawahan. Saat intesitas hujan disertai debit air tinggi, kondisi itu membuat tanggul kanan kirinya jebol dan luapanya menggenangi perumahan warga. 

Karenanya untuk penanganan sementara, pihaknya kii membuat tanggul sementara untuk menutup titik tanggul yang sebelumnya jebol. Pun memperkuat tanggul sisi kiri kanan sungai, menggunakan anggaran Pemerintah Kota Semarang di 2019 mendatang. 

"Penanganan sementara sudah kita lakukan dengan tanggul sementara, akan kita perkuat minggu depan. Untuk tanggul yang dibuat masyarakat dengan menutup jalur sungai juga saya minta dijebol. Sekaligus di anggaran 2019 saya minta untuk penguatan tanggul di sisi kiri kanan." (mus) 

Tol Trans Jawa baru saja diresmikan. VIVA.co.id dapat kesempatan langka disetirin Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, saat cek kesiapan tol baru itu. Lihat wawancara eksklusifnya hanya di bawah ini:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya