PVMBG Nyatakan Potensi Tsunami akibat Anak Krakatau Relatif Kecil

Erupsi Anak Krakatau
Sumber :
  • ANTARA Foto/Atet Dwi Pramadia

VIVA – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi atau PVMBG menyatakan bahwa potensi tsunami akibat letusan Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda sekarang relatif kecil.

BMKG Sebut Erupsi Gunung Ruang di Sulut Berpotensi Tsunami: Ada Catatan Sejarahnya

Menurut PVMBG, sesuai pengamatan dan analisis data visual maupun instrumental per 28 Desember 2018, letusan Gunung Anak Krakatau bersifat impulsif, yaitu sesaat sesudah meletus tak tampak lagi asap yang keluar dari kawah.

Seperti dikutip dari laman resmi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Esdm.go.id, pada Sabtu, 29 Desember 2018, letusan itu terkategori surtseyan. Letusan jenis itu karena terjadi di permukaan air laut.

Merinding! Jayabaya Ramal Bencana Alam Berupa Banjir dan Gunung Meletus di Mana-mana

Namun, PVMBG memperingatkan, potensi bahaya dari aktivitas letusan Anak Krakatau dengan kondisi sekarang yang paling memungkinkan adalah letusan-letusan surtseyan itu.

“Meskipun bisa banyak menghasilkan abu, tapi tidak akan menjadi pemicu tsunami,” tulis PVMBG. “Potensi bahaya lontaran material lava pijar masih ada. Dengan jumlah volume yang tersisa tidak terlalu besar, maka potensi terjadinya tsunami relatif kecil, kecuali ada reaktivasi struktur patahan/sesar yang ada di Selat Sunda.”

Gunung Ibu di Halmahera Kembali Erupsi, Muntahkan Abu Vulkanik Setinggi 2000 Meter

Tingkat aktivitas Gunung Anak Krakatau masih tetap Level III (Siaga), sesuai pengamatan dan analisis data visual maupun instrumental per 28 Desember. PVMBG mengimbau masyarakat tidak mendekati Gunung Anak Krakatau dalam radius 5 kilometer dari kawah dan menyiapkan masker untuk mengantisipasi jika terjadi hujan abu.

Masyarakat di wilayah pantai Banten dan Lampung disarankan tetap tenang dan tidak mudah memercayai isu-isu tentang erupsi Gunung Anak Krakatau yang akan menyebabkan tsunami. Juga dapat berkegiatan seperti biasa dengan senantiasa mengikuti arahan BPBD setempat. (ase)

VIVA Militer: KRI Kakap-811 evakuasi korban terdampak letusan Gunung Ruang

TNI AL Kirim Kapal Perang Bantu Evakuasi Korban Erupsi Gunung Ruang

Ratusan korban terdampak musibah letusan Gunung Ruang dievakuasi prajurit TNI AL keluar dari pulau

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024