Pendakian Merapi Ditutup untuk Perayaan Tahun Baru

Aktivitas Gunung Merapi
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah

VIVA – Jalur pendakian Gunung Merapi dari Sapuangin dan Selo ditutup pada pergantian tahun 2019. Masyarakat yang akan merayakan tahun baru di gunung tersebut tidak akan diizinkan.

Merinding! Kisah Nyata Konser Ghaib di Kaki Gunung Merapi, Penonton Hening Tanpa Ekspresi

Pelarangan pendakian Gunung Merapi sesuai dengan surat edaran Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merapi nomor SE.04/TNGM/TU/Ren/05/2018 tanggal 22 Mei 2018, tentang penutupan objek wisata kawasan nasional Gunung Merapi bahwa pendakian via Sapuangin dan Selo ditutup.

"Pendakian via Sapuangin dan Selo ditutup," kata Kepala Taman Nasional Gunung Merapi, Ammy Nurwati, kepada VIVA, Sabtu, 29 Desember 2018.

Erupsi Gunung Merapi, Wilayah Boyolali Diguyur Hujan Abu

Ammy menjelaskan, evaluasi dalam pemantauan instrumental dan visual yang dilakukan BPPTKG per tanggal 14-20 Desember 2018, status aktivitas Gunung Merapi saat ini dalam tingkat waspada. Lantaran itu, Balai TNGM melakukan penutupan jalur pendakian dalam rangka pergantian tahun 2019.

"Agar tidak melakukan pelanggaran terhadap larangan pendakian di Gunung Merapi," ujar Ammy.

Gunung Merapi Muntahkan Awan Panas, Pesan Mbah Maridjan Langsung Viral

Keterangan Ammy tersebut sekaligus sebagai koreksi atas berita VIVA sebelumnya berjudul: Status Waspada, Tahun Baruan di Gunung Merapi Dibatasi 2.500 Pendaki. (ase)

Jenazah korban penembakan KKB di evakuasi

Top Trending: Ramalan Jayabaya hingga Anggota TNI dan Polri Tewas Diserang KKB Sepanjang 2024

Top Trending: Ramalan Jayabaya hingga Anggota TNI dan Polri Tewas di Serang KKB Sepanjang 2024 tengah di sorot oleh para pembaca sehingga berhasil berada di posisi terpop

img_title
VIVA.co.id
1 April 2024