Ikatan Dai Aceh Undang Capres-Cawapres Tes Baca Alquran

Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 01 Joko Widodo (kedua kanan) dan Ma'ruf Amin (kanan) serta pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto (kedua kiri) dan Sandiaga Uno berfoto menunjukkan nomor urut C
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Para dai atau pendakwah di Aceh berencana menguji kemampuan membaca Alquran para calon presiden dan wakil presiden. Tes khusus itu sekalian untuk mengetahui komitmen para kandidat dalam syiar Islam.

Bahlil Dukung Pelaksanaan MTQ Antar Bangsa di Banjarmasin, Sampaikan Harapan Ini

Ketua Ikatan Dai Aceh, Tgk Marsyuddin Ishaq, mengatakan bahwa organisasinya yang mengkhususkan diri pada pengembangan dakwah dan syiar Islam hendak turut serta mengambil peran dalam pesta demokrasi pemilu tahun 2019.

Peran itu di antaranya berupaya memberikan pendidikan politik kepada rakyat, khususnya yang beragama Islam, soal kapabilitas pasangan calon presiden dan wakil presiden dalam memanifestasikan nilai-nilai keislaman dan keimanan.

Kemnaker Peringati Nuzulul Quran, Menaker Ajak Pegawai Bekerja Secara Dinamis

“Dalam kacamata kami, sekurang-kurangnya dapat membaca dengan baik ayat-ayat suci Alquran. Kami memandang perlu dan mendesak supaya diadakannya suatu forum untuk tes uji kemampuan baca Alquran terhadap pasangan calon presiden dan wakil presiden,” kata Marsyuddin dalam keterangannya yang diterima, Sabtu, 29 Desember 2018.

Hal itu merujuk pada hal yang telah diterapkan selama bertahun-tahun kepada setiap pasangan calon pemimpin di Aceh, baik legislatif maupun eksekutif.

Viral Detik-detik Lansia di Makassar Meninggal Dunia Usai Ikuti Lomba Tadarus Al Quran

Ikatan Dai Aceh akan menyelenggarakan tes kemampuan membaca Alquran terhadap pasangan calon presiden dan wakil presiden. Mereka akan mengundang masing-masing pasangan kandidat untuk mengikuti tes baca Alquran.

“Kami akan mengirim surat undangan secara resmi yang ditujukan kepada alamat masing-masing calon presiden dan wakil presiden, untuk mengikuti tes uji kemampuan baca Alquran,” ujarnya.

Menurutnya, tes baca Alquran ini juga untuk mengakhiri polemik tentang siapa calon capres dan cawapres yang paling menguasai dan memahami baca tulis Alquran. Ikatan Dai berencana menggelar tes itu di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, pada 15 Januari 2019.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya