Gempa Bumi Pertama 2019, Mengguncang Lombok

Ilustrasi Peta Lombok
Sumber :
  • BMKG

VIVA – Gempa bumi tektonik pertama kali dirasakan di Indonesia pada tahun baru 2019 telah terjadi di Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Selasa, 1 Januari 2019.

Gempa di Taiwan, 18 Orang Masih Hilang

"Ini adalah gempa pertama kali yang dirasakan di Indonesia dalam tahun 2019. Terjadi hanya 15 menit 44 detik Wita, setelah memasuki tahun baru 2019," kata Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Daryono.

Menurut penjelasan Daryono, gempa bumi ini terjadi pada pukul 00.15 Wita, di wilayah Lombok Utara dengan kekuatan 3,0 magnitudo.

Gempa Magnitudo 6 Guncang Jepang, Tak Ada Peringatan Tsunami

Episenter gempa terletak pada koordinat 8,36 LS dan 116,20 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 8 kilometer barat laut Lombok Utara, pada kedalaman 10 kilometer.

Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat dirasakan di wilayah Lombok Utara III MMI. Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Naik Flores atau Flores Back Arc Trust.

Jepang Cabut Peringatan Tsunami Imbas Gempa Taiwan

"Kepada masyarakat di wilayah Lombok Utara diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," katanya. (art)

Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan 147 bangunan infrastruktur pasca dilanda bencana gempa di Provinsi Sulawesi Barat pada Selasa, 23 April 2024. Diketahui, gempa me

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024