BMKG Prediksi Ombak Tinggi di Laut Selatan Jawa hingga 3 Januari 2019

Ombak tinggi di kawasan wisata Pantai Glagah, Temon, Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

VIVA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Semarang memprediksi ombak tinggi antara 2,5 meter sampai 4 meter di laut Selatan Jawa terjadi hingga 3 Januari 2019. Para nelayan diminta untuk bersabar dan tidak melakukan aktivitas melaut.

BMKG Sebut Gelombang hingga 2,5 Meter Bakal Terjadi di Perairan Indonesia, Ini Lokasinya

"Di selatan Jawa tinggi gelombang saat ini masih lebih dari 2,5 meter. Maka perahu nelayan disarankan jangan melaut dulu, karena masih berisiko terhadap keselamatan," kata Kepala BMKG Stasiun Klimatologi Semarang Tuban Wiyoso, Rabu, 2 Januari 2019.

Ia menyebutkan ombak tinggi hingga maksimal 4 meter terjadi di sepanjang pesisir pantai selatan, seperti Kabupaten Cilacap, Kebumen, Purworejo hingga Yogyakarta. Ombak tinggi sudah terjadi sejak akhir Desember kemarin.

BMKG Sebut Erupsi Gunung Ruang di Sulut Berpotensi Tsunami: Ada Catatan Sejarahnya

Sementara di wilayah pantai utara Jawa Tengah, ombak terpantau sedikit lebih kecil antara antara 1,25 meter hingga 2,5 meter. Meski demikian, kondisi itu masih belum aman untuk aktivitas nelayan kecil saat mencari ikan. 

Terkait dengan risiko keselamatan pelayaran, Tuban meminta agar nelayan terus memperhatikan informasi dari BMKG. Imbauan tersebut akan terus di-update secara rutin.  

Gunung Ruang Erupsi, Pemkab Sitaro Tetapkan Tanggap Darurat Selama 14 Hari

Untuk perahu nelayan berkecepatan angin 15 knot dan tinggi gelombang lebih dari 1,25 meter, kapal tongkang dengan kecepatan angin 16 knot dan tinggi gelombang 1,5 meter, kapal fery dengan kecepatan angin 21 knot dan tinggi gelombang 2,5 meter, serta kapal besar seperti kapal kargo/kapal Pesiar dengan kecepatan angin 27 knot dan tinggi gelombang 4 meter.

“Imbauan juga untuk masyarakat yang beraktivitas di sekitar pantai agar tetap waspada terhadap gelombang tersebut,” jelasnya. (ase)

Ilustrasi - Hujan deras disertai angin kencang melanda wilayah Kota Kupang, NTT.

Hujan Sedang hingga Lebat Diperkirakan Guyur Sejumlah Daerah pada Hari Ini

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan risiko hujan sedang hingga lebat di sejumlah wilayah Indonesia pada Rabu.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024