Logo BBC

40,9 Juta Masyarakat Indonesia Terancam Bencana Longsor

Salah satu bagian di Kampung Cimapag, Kecamatan Cisolok, yang rata dengan tanah. - Sutopo Purwo Nugroho/BNPB
Salah satu bagian di Kampung Cimapag, Kecamatan Cisolok, yang rata dengan tanah. - Sutopo Purwo Nugroho/BNPB
Sumber :
  • bbc

Setidaknya sebanyak 274 kabupaten dan kota di Indonesia berada di daerah bahaya longsor dan 40,9 juta jiwa terancam bencana bencana longsor, sebut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Menurut BNPB, daerah-daerah yang rawan longsor antara lain terdapat di sepanjang Bukit Barisan di Sumatera, Jawa bagian tengah dan selatan, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku dan Papua.

Salah satu daerah rawan bencana adalah Kabupaten Sukabumi, tempat bencana serupa sudah terjadi sebanyak 132 kali selama 10 tahun belakangan.

Pada 31 Desember 2018 lalu, longsor terjadi di Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat, sehingga menimbun 30 rumah warga.

Bencana yang disebabkan hujan deras ini memakan korban meninggal sebanyak 15 jiwa, sementara 20 orang lainnya dinyatakan hilang.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan longsor di Cisolok terjadi karena pemukiman warga dibangun di atas tanah yang bersifat gembur dan mudah menyerap air. Warga mengusahakan lahan di sana sebagai lahan pertanian, walau seharusnya lahan itu digunakan sebagai lahan konservasi.

Sebetulnya, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) sudah mengategorikan daerah itu sebagai daerah rawan longsor. Sayangnya, bencana itu tidak diantisipasi oleh pemerintah daerah dengan mengeluarkan kebijakan di bidang tata ruang.