Kasus Gubeng Ambles Kini Dua Tersangka, Polisi Kembali Cek Lokasi

Sejumlah petugas pemadam kebakaran memeriksa kondisi tanah ambles di Jalan Raya Gubeng, Surabaya, Jawa Timur, Rabu, 19 Desember 2018.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Didik Suhartono

VIVA – Tersangka kasus amblesnya jalan di Raya Gubeng Surabaya, Jawa Timur, bertambah jadi dua orang. Tim Laboratorium Forensik Markas Besar Kepolisian RI Cabang Surabaya mengecek lagi lokasi kejadian pada Kamis, 3 Januari 2019, untuk penguatan. Mungkinkah tersangka bertambah lagi?

Jalan Ambles di Kawasan Olimo Jakarta Barat, Polisi sebut Tidak Ada Pengalihan Arus

Polisi menetapkan satu tersangka berinisial F. Kini tersangka bertambah lagi. "Seperti yang telah disampaikan Kapolda (Irjen Pol Luki Hermawan) ada dua tersangka yang telah ditetapkan," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera di Surabaya.

Barung menegaskan, penyidikan kasus jalan ambles di Gubeng dilakukan secara serius dan sampai tuntas. Sebab, insiden itu berkaitan dengan kepentingan publik. "Gubeng ini, kan, jalan umum untuk fasilitas publik. Walaupun sudah tidak diperbaiki, Polda tetap melanjutkan proses pidananya," ujarnya menambahkan.

Jalan Ambles Ciawi-Sukabumi Makin Lebar, Jalur Ditutup Total

Dia mengatakan, sudah 39 saksi diperiksa oleh penyidik. Selain itu, pada Kamis ini, tim Labfor Kepolisian RI juga mengecek lokasi yang ambles. Labfor juga kembali memeriksa untuk melengkapi bukti. Dari pemeriksaan pertama masih ada kekurangan, sehingga sekarang dilakukan pemeriksaan kedua

Kepolisian sebelumnya mengungkapkan bahwa sangat mungkin tersangka lebih dari satu orang. Seluruh proses proyek, dari perizinan hingga pelaksanaan ditelusuri. Polisi mengaku telah mengantongi sejumlah alat bukti, baik dari lokasi, dokumen-dokumen, dan keterangan saksi yang menunjukkan keterlibatan lebih dari satu pihak atas dugaan pelanggaran proyek itu.

Longsor di Kabupaten Semarang Meluas Hingga 16 Hektare, Jalan Ambles 30 Meter

Badan jalan Raya Gubeng mendadak ambles pada Selasa malam, 18 Desember 2018. Diduga kuat, proyek basement di sisi kiri jalan menjadi penyebab. Amblesan mencipta lubang raksasa di seluruh badan jalan sedalam kira-kira 20 meter dan lebar 30 meter. Jalan itu kini sudah bisa dilalui setelah dipulihkan sejak dua pekan lalu. (mus)

Kondisi saat jalan negara putus

Jalan Negara di Sepaku Ambles Dilintasi Truk Sawit, Jalur ke IKN Terputus

Akses jalan utama menuju Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) putus total, pada Senin, 29 Januari 2024

img_title
VIVA.co.id
29 Januari 2024