Gempa 3,2 SR Guncang Selat Sunda Kamis Malam

Petugas memeriksa data rekam seismograf pemantau aktivitas Gunung Anak Krakatau (GAK) di Pos Pengamatan GAK Pasauran, Serang, Banten
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA - Gempa Bumi berkekuatan 3,2 pada Skala Richter sempat mengguncang Selat Sunda pada Kamis malam sekitar pukul 21.49 WIB. Lokasi koordinatnya berada di 18 Linyang Selatan (LS), 105.49 Bujur Timur (BT), berada di 62 km Barat Daya Kota Cilegon, Banten, di kedalaman 8 kilometer.

Aktivitas Erupsi Gunung Ile Lewotolok Masih Tinggi, Menurut Badan Geologi

"Titik koordinatnya berdekatan dengan Gunung Anak Krakatau, tapi tidak di Gunung Anak Krakatau," kata Rahmat, Prakirawan BMKG Raden Inten Lampung, melalui sambungan selulernya, Kamis, 3 Januari 2019.

BMKG tidak mengeluarkan peringatan atau himbauan apa pun terkait gempa bumi yang lokasinya berdekatan dengan Gunung Anak Krakatau. Ketinggian gelombang pun terpantau normal.

Gunung Karangetang Mengalami 10 Kali Gempa Embusan, Menurut PVMBG

"Dari awal gempa terjadi sampai saat ini, pemantauan rekan-rekan kami di pusat, tidak menimbulkan keanehan di alat pemantau gelombang. Gelombang terpantau di alat itu masih kondisi normal," ujarnya.

Perlu diketahui pada Sabtu, 22 Desember 2018, terkait tsunami Selat Sunda, akibat runtuhnya tubuh nya GAK ke dalam laut Dnegan kekuatan guncangan setara dengan 3,2 Maghnitudo.

BMKG: Kalimantan Diguncang Tujuh Kali Gempa pada 29 Maret-4 April 2024

Lalu, pada 1 Januari 2019, BMKG memasang dua alat pemantau ketinggian gelombang dan cuaca, di Pulau Sebesi. (ren)

Gunung Ruang di Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara, terpantau diselimuti awan kabut dari atas KM Bimasena yang digunakan oleh Tim Kantor SAR Manado mengevakuasi warga setempat, Rabu, 18 April 2024.

Gunung Ruang Erupsi Tim SAR Susuri Pesisir Laut Kepulauan Sitaro Evakuasi Warga Tertinggal

Tim SAR menyusuri pesisir Kepulauan Sitaro untuk mencari dan mengevakuasi warga yang masih tertinggal, ke tempat yang lebih aman dari material erupsi Gunung Ruang.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024