Gempa 5,1 SR Guncang Halmahera Selatan

BMKG.
Sumber :
  • Ifan Gusti/VIVA.co.id

VIVA – Gempa bumi tektonik berkekuatan 5,1 skala ricter mengguncang Kota Labuha ,Kabupaten Halamahera Selatan,Provinsi Maluku Utara, Sabtu, 5 Januari 2018.

Geger Video Patung Liberty Berguncang Akibat Gempa, Sehari Setelah Petir Menyambar Obornya

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Ternate mencatat waktu gempa terjadi pada pukul 10.55 WIT. Dimana pusat gempa berlokasi di 0.89 Lintang Selatan (LS) - 127.51 Bujur Timur (BT) atau 72 Km Barat Laut Halmahera Selatan dengan kedalaman 10 Km.

Kekuatan Gempa dirasakan III Modifild Mercally Intensity (MMI). Dengan kekuatan 5,1 SR dan tidak berpotensi tsunami. Setelah gempa utama tercatat telah terjadi 23 gempa susulan dengan kekuatan kecil yakni 4-3 SR  

137 Pesawat Batal Terbang Imbas Erupsi Gunung Ruang, Bandara Sam Ratulangi Akhirnya Kembali Dibuka

Menurut opserver BMKG Taufan Taufik, gempa yang terjadi diakibatkan oleh sesar selatan yang ada di labuha dengan deformasi bebatuan datar.

"Hingga kini BMKG belum mendapat dilaporkan adanya kerusakan yang disebabkan gempa di Kabupaten Halamahera Selatan,"kata Taufik.

Beredar Info Pulau Tagulandang Tenggelam akibat Erupsi Gunung Ruang, Begini Kata Badan Geologi

Selain itu, BMKG menghimbau masyarakat Kabupaten Halmahera tidak percaya dengan informasi hoax. 

Laporan Ifan Gusti

Patung Liberty

Top Trending: Kiai Rela Serahkan Istrinya ke Oknum Habib Hingga Patung Liberty Berguncang

Berita terpopuler pada kanal Trending terdapat berita heboh pengakuan Gus Ubad Aminullah Kiai di Cianjur yang rela serahkan istrinya ke oknum habib

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024