Halmahera Selatan Kembali Diguncang Gempa 5,2 SR

BMKG
Sumber :
  • TvOne/ Ifan Gusti

VIVA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG Kelas III Ternate, mencatat pukul 17. 54 WIT, Sabtu 5 Januari 2019, Kabupaten Halmahera Selatan kembali diguncang gempa dengan kekuatan 5,2 pada Skala Ricter (SR). Kondisi tersebut membuat warga Setempat panik dan berhamburan keluar rumah.

Viral! Bawa Kabur Motor Kurir yang Sedang Antar Paket, Pelaku Babak Belur Dihajar Warga

"Informasi petugas kami di Labuha mengaku terjadi kepanikan, namun pihak BPBD dan Pemda setempat telah melakukan tindakan dengan cara meminta agar warga tetap tenang, karena gempa tidak berpotensi tsunami," ujar Basri Kamarudin, Forcaster BMKG Kelas III Ternate saat ditemui VIVA di ruang Obsevasi BMKG.

Menurut, Basri, alat seismograf BMKG mencatat pascagempa utama pagi tadi dengan kekuatan 5,1 SR telah terjadi sebanyak 24 gempa susulan. Selain itu, pihaknya belum bisa memprediksi akan terjadi gempa yang skalanya lebih besar dari gempa yang baru terjadi.

Proyek Bangun Masjid Mantan K-Pop Daud Kim di Incheon: Kontroversi Memanas, Warga Menolak!

"Kita belum bisa memprediksi namun hanya menganalisanya gempa yang terjadi. Yang baru terjadi kekuatannya 5,2 skala ricter di  0,84 LU- 127,51 BT dengan kedalaman 10 Km, yah bisa dibilang peningkatan fluktuatif," ucap Basri. (ren)

Laporan: Ifan Gusti/Halmahera 

Hujan Sedang hingga Lebat Diperkirakan Guyur Sejumlah Daerah pada Hari Ini
Gedung-gedung di Gaza hancur akibat serangan Israel.

Kondisi Gaza Jauh Lebih Hancur Dibanding Kota di Jerman Pada Perang Dunia II

Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa (UE), mengatakan bahwa kota-kota di Gaza lebih hancur dibandingkan kota-kota di Jerman pada Perang Dunia II.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024