Gempa 4,8 Magnitudo Guncang Tasikmalaya, Getaran hingga Pangandaran

Wilayah Tasikmalaya di Jawa Barat diguncang gempa bumi tektonik dengan kekuatan 4,8 magnitudo pada pukul 22.04 WIB, Senin, 7 Januari 2019.
Sumber :
  • BMKG

VIVA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika melaporkan bahwa wilayah Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, diguncang gempa bumi tektonik dengan kekuatan 4,8 magnitudo pada pukul 22.04 WIB, Senin 7 Januari 2019. 

Gempa di Taiwan, 18 Orang Masih Hilang

Menurut Kepala Balai BMKG Wilayah II Tangerang Selatan, Joko Siswanto, pusat gempanya terletak 8.15 lintang selatan dan 107.88 bujur timur, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 62 kilometer barat daya Kabupaten Tasikmalaya, pada kedalaman 21 kilometer.

Berdasarkan hasil analisis pada peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan laporan dari masyarakat, gempa dirasakan di daerah Sukabumi, Pangandaran, Garut, Tasikmalaya, dan Ciamis. Namun, hingga kini belum ada laporan kerusakan.

Gempa Magnitudo 6 Guncang Jepang, Tak Ada Peringatan Tsunami

"Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa bumi ini merupakan gempa bumi dangkal akibat subduksi di wilayah Selatan Jawa," ujar Joko dalam keterangan tertulisnya. 

Hasil monitoring BMKG, hingga kini menunjukkan belum terjadi gempa susulan. Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti arahan BPBD dan informasi BMKG. (asp)

Jepang Cabut Peringatan Tsunami Imbas Gempa Taiwan
Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan 147 bangunan infrastruktur pasca dilanda bencana gempa di Provinsi Sulawesi Barat pada Selasa, 23 April 2024. Diketahui, gempa me

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024