TNI Bongkar Penyelundupan Kayu Besi asal Papua Rp16,5 Miliar

TNI Angkatan Laut membongkar upaya penyelundupan kayu-kayu ilegal berjenis merbau alias kayu besi asal Papua di Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa 8 Januari 2019.
Sumber :
  • VIVA/Yasir

VIVA – TNI Angkatan Laut membongkar upaya penyelundupan kayu-kayu ilegal berjenis merbau asal Papua di Makassar, Sulawesi Selatan. Aparat menemukan 57 kontainer berisi kayu yang lebih dikenal sebagai kayu besi itu di Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar, Selasa 8 Januari 2019.

KPU Lanjut Rekapitulasi Hasil Pemilu Hari Ini, Mulai dari Provinsi Jabar

Kontainer-kontainer bermuatan kayu ilegal itu diangkut dengan kapal motor SM. Total muatan ditaksir lebih 914 meter kubik dengan nilai diperkirakan paling sedikit Rp16,5 miliar.

Pangkalan Utama TNI AL VI yang berbasis di Makassar sebenarnya sudah cukup lama mengamati atau menengarai pengangkutan kayu merbau ilegal dari pelabuhan Jayapura dengan tujuan Surabaya, Jawa Timur. 

Top Trending: Pasukan Elit TNI Kopassus Hingga Pengendara Mobil Mitsubishi Xpander

"Sejak Desember 2018, informasi tentang kayu ilegal tersebut telah diselidiki. Setelah melakukan pengecekan dan melihat fisik kayu, segera kita melakukan pengamanan barang bukti di Pelabuhan Makassar dan menindaklanjuti secepatnya proses penegakan hukumnya," kata Komandan Tim Intelijen Lantamal VI Letkol Laut Evi Bayu Priatno.

TNI Bongkar Penyelundupan Kayu Besi asal Papua Senilai Rp16,5 Miliar

Gandeng USAID, Freeport Indonesia Siapkan US$3,53 Juta 'Perangi' Stunting di Papua

Komandan Pangkalan Utama TNI AL VI Laksamana Pertama TNI Dwi Sulaksono mengapresiasi pengungkapan praktik illegal logging itu. Aparat yang terlibat dalam operasi itu terdiri dari Tim Lantamal VI Makassar, Ditjen Gakkum LHK (Kementerian lingkungan Hidup dan Kehutanan), Bea Cukai Makassar, dan Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Makassar.

"Penangkapan yang dilakukan aparat gabungan beberapa waktu lalu sangatlah kita apresiasi. Penangkapan tersebut sangat membantu Lantamal VI dalam pelaksanaan pemberantasan illegal logging di laut," kata Sulaksono. (ren)

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri

Top Trending: Sosok Kapolda Papua Putuskan Masuk Islam hingga Hukum Pria Sholat Tanpa Penutup Kepala

Baru-baru ini Jenderal berpangkat tiga itu mengalami proses masuk Islam setelah mengucapkan syahadat, dan akhirnya secara resmi memeluk agama Islam hingga masuk trending.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024