Hasil Nihil, Pencarian Pendaki yang Hilang di Gunung Lawu Dihentikan

Jalur pendakian Gunung Lawu.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Adib Ahsani

VIVA – Tim SAR gabungan menghentikan proses pencarian Alvi Kurniawan (20), pendaki asal Magelang yang dilaporkan hilang di Gunung Lawu sejak 1 Januari 2019. Pendaki tersebut hilang setelah mendaki ke puncak gunung yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur itu.

456 Kasus Kebakaran Hutan di Jateng, Gunung Lawu Tak Tersentuh Api

Humas Basarnas Pos Surakarta, Yohan Tri Anggoro, menjelaskan, tim SAR gabungan yang melibatkan 250 personel dari berbagai instansi dan potensi telah melakukan berbagai upaya pencarian serta penyisiran terhadap korban.

"Pencarian yang dilakukan tim SAR gabungan telah memasuki hari ke-7 hingga Selasa malam," kata Yohan, Rabu, 9 Januari 2019.

Girikerto, Keindahan Desa Wisata Lereng Gunung Lawu

Menurut Yohan, pencarian dan penyisiran telah dilakukan di berbagai titik yang dicurigai dan diyakini lokasi saat melakukan pendakian. Pencarian itu meliputi titik seputaran puncak, Pasar Dieng, Kamanditan, Kayangan, Hargopuroso, Sendang Kamulyan hingga jalur-jalur pendakian maupun non pendakian.

"Pencarian dan penyisiran di jalur-jalur yang dimungkinkan dituju dan dilewati survivor, namun tim SAR gabungan tidak menemukan titik terang dan tanda-tanda keberadaan survivor atas nama Alvi Kurniawan," ucapnya.

Kebakaran Hutan, Jalur Pendakian ke Gunung Lawu Ditutup

Kemudian dia melanjutkan, dengan hasil yang nihil dan tanpa ada titik terang, operasi SAR pencarian dan pertolongan kepada pendaki asal Mejing, Candimulyo, Magelang dihentikan.

"Pada Selasa malam pukul 20.15 WIB, proses pencarian survivor atas nama Alvi Kurniawan dinyatakan ditutup. Setelah itu dilakukan dengan pengamatan," tuturnya. (art)

Tim gabungan berusaha memadamkan kebakaran di Gunung Lawu.

Kebakaran Hutan di Gunung Lawu, Petugas Masih Kesulitan Padamkan Api

445 anggota tim gabungan dikerahkan untuk memadamkan api.

img_title
VIVA.co.id
16 November 2019