Aparatur BNPB Tak Boleh Tidur Nyenyak, Apalagi Dipimpin Eks Kopassus

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Willem Rampangilei
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

VIVA – Mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Laksamana Muda TNI Willem Rampangilei, mengingatkan pejabat penggantinya, Letnan Jenderal TNI Doni Monardo, bahwa lembaga yang dipimpinnya tak mengenal hari libur. Sebab bencana bisa terjadi setiap saat.

Terungkap Deretan Bayangan Masa Depan Indonesia dalam Ramalan Jayabaya

Willem juga mengingatkan Doni tak dapat tidur nyenyak atau bahkan hari libur karena BNPB harus selalu siaga dan waspada selama dua puluh empat jam nonstop sepanjang tahun.

"Oleh karena itu, Jenderal, kalender di BNPB tidak ada tanggal merah. Itu artinya satu tahun [yang terdiri] 365 hari tidak boleh tidur nyenyak," kata Willem dalam upacara serah-terima jabatan di Graha BNPB, Jakarta, Rabu, 9 Januari 2019.

Menguak Rahasia di Balik Kehebatan Kopassus yang Disegani di Dunia

Dalak kesempatan itu, Willem menitipkan dua pesan. Pertama, dia meminta seluruh aparatur BNPB terus meningkatkan kinerjanya dan mendukung penuh pimpinan baru mereka dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Kedua, jangan pernah lelah dan bosan mewujudkan bangsa Indonesia sebagai bangsa yang tangguh menghadapi bencana. Willem mengaku cukup mengenal Doni dan yakin dengan rekam jejak yang dimiliki Doni pasti BNPB bisa makin maju dalam memberikan pelayanan terbaik.

Baru Terjadi, Ini Arti Gempa di Bulan Ramadhan Menurut Primbon Jawa

"Saya memberikan penghargaan yang sangat tinggi kepada prajurit BNPB. Sekarang yang mimpin tentara [aktif dan mantan Komandan Jenderal Kopassus], jadi dibilangnya prajurit, yang sudah bekerja keras dengan tidak mengenal lelah, hari, dan waktu," katanya.

Presiden Joko Widodo melantik Doni Monardo Kepala BNPB di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu pagi, 9 Januari 2019. Doni menggantikan pejabat lama, Laksamana Muda (Purn) Willem Rampangile.

Karier Doni terbilang cukup baik. Pria kelahiran Cimahi, 10 Mei 1963 itu, bahkan pernah menjadi Komandan Pasukan Pengamanan Presiden, Komandan Jenderal Kopassus, Panglima Kodam XVI/Pattimura, dan Panglima Kodam III/Siliwangi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya