Kasus Meikarta, KPK Periksa Dirjen Otda Kemendagri Sumarsono

Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Febri Diansyah
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

VIVA – Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK memeriksa Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri Sumarsono terkait kasus suap izin proyek Meikarta.

KPK Periksa Keponakan Surya Paloh

"Terkait dengan pemeriksaan saksi dalam kasus dugaan suap perizinan Meikarta," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di kantor KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis, 10 Januari 2018.

Febri mengatakan, ada beberapa hal yang ingin dikonfirmasi penyidik KPK dari Sumarsono yang kerap dipanggil Soni itu. Salah satunya soal pertemuan sejumlah pihak untuk membahas perizinan proyek Meikarta.

KPK Setor Uang ke Kas Negara Rp1,1 Miliar dari Eks Pejabat Muara Enim

Penyidik menduga ada sejumlah pertemuan antara Pemprov Jabar dan Pemkab Bekasi, terkait izin proyek Meikarta. KPK merasa perlu menggali lebih jauh tumpang tindih kewenangan dua pemda tersebut. 

"Kan ada porsi juga dari Kemendagri melalui Ditjen Otda pada pertemuan tersebut, itu yang kami dalami lebih lanjut," ujarnya.

MAKI Minta KPK Tuntaskan Kasus Korupsi Kapal Tongkang

Febri menegaskan telah menemukan fakta-fakta kuat jika proses perizinan Meikarta sudah bermasalah sejak awalnya. Termasuk, kata dia, KPK lebih lanjut sudah mengantongi nama-nama yang diduga terlibat dalam skandal suap Meikarta tersebut. (ase)

Ilustrasi Foto Firli Bahuri dan Karyoto (Sumber Majalah Tempo 26 November 2023)

Integritas Firli Bahuri dan Komitmen Penegakan Hukum Irjen Karyoto

Setelah mempertimbangkan semua bukti-bukti pelanggaran etik yang dilakukan Firli saya menyimpulkan Firli memang bukan pribadi yang berintegritas.

img_title
VIVA.co.id
8 Januari 2024