Malam Ini Gunung Agung Erupsi Lagi

Asap mengepul dari kawah Gunung Agung terlihat dari kawasan Besakih, Karangasem, Bali
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

VIVA – Hari ini, Kamis 10 Januari 2019, Gunung Agung kembali erupsi. Laporan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), gunung setinggi 3.142 Mdpl itu erupsi pada pukul 19.55 WITA. Hanya ketinggian kolom abu tidak teramati lantaran tertutup kabut.

Merugi, Seluruh Outlet Toko Buku Gunung Agung Bakal Ditutup Akhir 2023

Dari laporan PVMBG, erupsi gunung yang terletak di Kabupaten Karangasem itu terekam di Seismogram dengan amplitudo maksimum 22 mm dan durasi kurang lebih 4 menit 26 detik.

Dari laporan periodik PVMBG yang ditulis I Dewa Made Merthe Yasa mulai pukul 12.00-18.00 WITA, beberapa jam sebelum terjadinya letusan, terjadi gempa letusan sebanyak dua kali dan tektonik jauh satu kali.

Netizen Geram Lihat Tingkah Bule Lepas Celana Pamer Alat Kelamin di Puncak Gunung Agung Bali

Saat ini, Gunung Agung berada pada status siaga atau level III. Masyarakat di sekitar Gunung Agung termasuk pendaki, pengunjung, wisatawan diminta agar tidak berada di dekatnya dan tidak melakukan pendakian dan aktivitas apa pun di zona perkiraan bahaya yaitu di seluruh areal dalam radius 4 kilometer dari kawah puncak Gunung Agung.

Zona perkiraan bahaya sifatnya dinamis dan terus dievaluasi dan dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan Gunung Agung yang paling aktual atau terbaru.

Daki Gunung Agung Bali Akhir Tahun, Hasto Doakan Megawati dan Jokowi

Masyarakat yang bermukim dan beraktivitas di sekitar aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung agar mewaspadai potensi ancaman bahaya sekunder berupa aliran lahar hujan yang dapat terjadi terutama pada musim hujan dan jika material erupsi masih terpapar di areal puncak.

Areal landaan aliran lahar hujan juga mengikuti aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung. (ase)

Sesosok mayat ditemukan di Puncak Gunung Agung Bali

Pendaki Lansia Ditemukan Tewas di Puncak Gunung Agung, Jasad Ditemukan WNA

Sosok mayat ditemukan di puncak Gunung Agung pada Selasa, 12 Maret 2024. siang. Saat ditemukan posisi mayat berada di ketinggian 2833 Mdpl di Puncak Gunung Agung Bali

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2024