Habitat Rusak, Sekumpulan Kera Turun ke Pemukiman Serang 4 Balita

Ilustrasi monyet
Sumber :
  • VIVAnews/Irma Dana

VIVA – Rusaknya habitat alam yang menjadi rumah bagi hewan liar di wilayah Desa Tegal Randu Kecamatan Klakah, membuat sekumpulan kera liar harus turun ke pemukiman warga untuk mencari makan. Akibat kejadian tersebut, pada Sabtu, 12 Januari 2019 kemarin, sejumlah warga diserang oleh kera-kera tersebut.

Visual Tak Teramati, Gunung Semeru Erupsi 104 Detik

Kapolres Lumajang AKBP Muhammad Arsal Sahban menyebut, dalam dua minggu ini, dilaporkan sebanyak empat balita sekitar umur 20 bulan dilarikan menuju ke Rumah Sakit lantaran diserang oleh kera kera tersebut. Warga sendiri yang diserang, kebanyakan mengalami luka di kepala serta di paha.

Salah satu korban adalah Iqbal yang masih berumur 21 bulan. Korban sendiri adalah putra Bapak Eko Agianto dan Ibu Fatimah, harus mengalami luka robek dibagian dahi akibat gigitan kera, dengan panjang robek 9 cm. Meskipun tidak terlalu dalam, namun korban harus dijahit sebanyak 16 jahitan.

Gunung Semeru Erupsi Lagi dengan Letusan Abu Setinggi 1,5 Km

Atas kejadian tersebut, warga pun merasa cemas. Namun, Arsal meminta sebisa mungkin tidak membunuh hewan liar ini dalam menangani kasus tersebut.

"Saya menginstruksikan agar menggunakan tembakan obat bius untuk menangani kasus tersebut. Hanya dalam keadaan sangat terdesak saja yang mana mengancam manusia, boleh menggunakan senjata api untuk melumpuhkan," kata Arsal kepada VIVA, Minggu, 13 Januari 2019.

3 Orang Tewas Imbas Longsor dan Banjir Lahar Dingin di Wilayah Gunung Semeru

Ia pun memastikan kawanan hewan liar ini mencari makan hingga turun ke pemukiman warga, karena habitat wilayahnya tinggal telah dirusak oleh masyarakat.

"Saya mengimbau kepada seluruh elemen masyarakat agar sama sama menjaga kelestarian wilayah hutan tersebut," ucapnya.

Gunung Semeru yang berada di perbatasan Kabupaten Lumajang dengan Malang, Jawa Timur, mengalami erupsi tiga kali dengan letusan setinggi hingga 1 kilometer pada Sabtu, 9 Maret 2024.

Gunung Semeru Dua Kali Erupsi dengan Tinggi Letusan Tak Teramati, Menurut Petugas Pengamatan

Gunung Semeru yang berada di perbatasan Kabupaten Lumajang dengan Malang, Jawa Timur, tercatat dua kali erupsi dengan tinggi letusan tidak teramati pada Rabu.

img_title
VIVA.co.id
2 Mei 2024