Pengamat Kepolisian Bambang Widodo Umar Meninggal

Pengamat Kepolisian Bambang Widodo Umar meninggal dunia
Sumber :
  • Twitter Dahnil Anzhar

VIVA – Pengamat Kepolisian yang juga aktivis antikorupsi Bambang Widodo Umar meninggal dunia pada Senin pagi, 14 Januari 2019. Purnawirawan Polri itu meninggal dunia di Rumah Sakit Persahabatan di usia 71 tahun.

Ketua Komisi Fatwa MUI Prof KH Hasanuddin AF Meninggal Dunia

Kabar duka tersebut dibagikan sejumlah akun di jejaring media sosial Twitter. Indonesia Corruption Watch (ICW) melalui akun Twitternya @antikorupsi, turut belasungkawa atas berpulangnya Bambang Widodo Umar.

ICW menyebut Bambang Widodo Umar adalah sosok yang berdedikasi dalam membangun hukum yang bersih dan bermartabat. Almarhum juga merupakan pejuang antikorupsi yang spartan.

Muhammadiyah Berduka Yahya Muhaimin Wafat: Sosok Intelektual Teladan

"Semoga Allah menerima semua amal ibadahnya," tulis ICW.

Akun Twitter Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) @KPK_RI, juga menyampaikan duka cita atas berpulangnya Bambang Widodo Umar. KPK mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kritikan almarhum semasa hidupnya dalam upaya pemberantasan korupsi.

Mantan Mendiknas Era Gusdur Yahya Muhaimin Meninggal Dunia

Jenazah Bambang Widodo Umar akan disalatkan setelah Salat Ashar di Masjid Nurul Yaqin, yang berlokasi tak jauh dari kediaman almarhum di Jalan Haji Jeni No 8 RT 04 RW 07, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Almarhum akan dimakamkan di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan.

Bambang Widodo Umar yang lahir di Ngawi pada 10 Desember 1947, dikenal kritis dan aktif dalam kegiatan antikorupsi. Selain sebagai pengamat Kepolisian, Bambang merupakan staf pengajar Program Pascasarjana Kajian Ilmu Kepolisian Universitas Indonesia, Dosen di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) Jakarta dan beberapa perguruan tinggi swasta lainnya.

Semasa masih aktif di Kepolisian, lulusan Akabri Kepolisian 1971 itu pernah menggagalkan pembajakan pesawat Merpati Nusantara Airlines di Bandara Adi Sutjipto, Yogyakarta pada 4 April 1972. Ia pensiun sebagai anggota Polri pada tahun 2001.

Atas pengabdiannya, Bambang Widodo Umar mendapatkan penghargaan Satya Lencana atas kesetiaan mengabdi pada Polri selama 24 Tahun. Selain itu, Bambang Widodo Umar juga mendapatkan Satya Lencana Dwija Sista3. Bintang Bhayangkara Nararya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya