Ketua DPR Prihatin Kuburan Dibongkar Cuma Beda Pilihan Caleg

Politikus Golkar sekaligus Ketua DPR RI Bambang Soesatyo.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

VIVA – Ketua DPR Bambang Soesatyo atau Bamsoet prihatin dengan pembongkaran dan pemindahan kuburan, karena hanya beda pilihan caleg. Ia berharap, persoalan ini bisa diatasi dengan baik.

Curi Pagar Besi Kuburan, 2 Pemuda di Asahan Ditembak Polisi

"Ya, tentu kami prihatin, kalau mendengar berita gara-gara beda pilihan bisa pisah ranjang. Apalagi, terakhir ini pisah kuburan," kata Bamsoet di gedung DPR, Jakarta, Senin 14 Januari 2019.

Dia menambahkan, DPR tak pernah berhenti untuk mendorong elemen masyarakat, serta akademisi mengkaji lagi tentang demokrasi pemilihan langsung atau terbuka. Ia mempertanyakan, kesiapan masyarakat dengan sistem ini.

Viral Pencurian Tali Pocong di Pemakaman Umum Sidoarjo

"Apakah, kesiapan rakyat kita sudah sampai pada titik yang baik dalam demokrasi atau belum. Hal seperti ini, menurut saya, justru kita harus mendorongnya terhadap kedewasaan dalam berpolitik," kata Bamsoet.

Sebelumnya, di Gorontalo, terjadi peristiwa pembongkaran dan pemindahan dua kuburan, hanya karena perbedaan dukungan untuk calon anggota legislatif atau caleg di Pileg 2019.

200 Tulang Belakang Manusia Tergantung di Pantai Selatan Peru

Baca: Beda Pilihan Politik, Dua Kuburan di Gorontalo Dibongkar

Akibat perbedaan ini, dua kuburan di desa Toto Selatan, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, pada Sabtu pagi, 12 Januari 2019, dibongkar dan dipindahkan lokasinya.

Menurut perwakilan keluarga yang kuburannya dibongkar, Abdul Salam Pomontolo, pemilik tanah, Awano, sudah memperingatkan soal pembongkaran makam. Pembongkaran akan dilakukan bila tak mau mendukung ipar pemilik tanah menjadi caleg DPRD. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya