RI Produksi Sampah Plastik Terbesar Kedua di Dunia, JK: Malu Kita

Wakil Presiden Jusuf Kalla Istana Wakil Presiden, Jakarta.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Fajar Ginanjar Mukti

VIVA – Wakil Presiden Jusuf Kalla menyampaikan bahwa Indonesia, sudah sepantasnya malu menjadi negara yang memproduksi sampah plastik dengan jumlah terbesar kedua di dunia.

Upaya Mahasiswa Kurangi Sampah Plastik, Kompak Lakukan Ini

Data pemerintah menunjukkan, Indonesia hanya dikalahkan oleh China, dalam jumlah produksi limbah yang juga berbahaya bagi lautan itu.

"Indonesia nomor dua, tidak bisa memperhatikan plastik. Malu juga kita," ujar JK dalam Penganugerahan Adipura di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Jakarta, Senin 14 Januari 2019.

Audit Sampah Sungai Watch Dinilai Tidak Merepresentasikan Kondisi di Indonesia 

JK meminta, masyarakat sendiri bertindak atas kondisi yang membahayakan lingkungan ini. Caranya, bisa dimulai dengan mengubah gaya hidup.

Menurut JK, cara paling mudah adalah tidak lagi minum dari botol plastik sekali pakai. Masyarakat disarankan, lebih memilih penggunaan botol minum yang bisa diisi dan dipakai berulang-ulang.

P&G Indonesia Dukung HPSN 2024: Wujudkan Bebas Sampah Plastik dengan Inovasi dan Kolaborasi!

"Lebih baik, bawa sendiri botol plastik yang lebih tebal, agar dapat dipakai berkali-kali botolnya. Kalau dipakai berkali-kali botol itu, maka akan mengurangi efek terhadap lingkungan," ujar JK.

Pencemaran sampah plastik.

Dua Sisi Sampah Plastik, Ramah Kantong tapi Tidak untuk Kesehatan

Sebuah studi melaporkan sampah plastik sekali pakai berupa kemasan sachet dan pouch. Satu sisi dianggap ramah di kantong, tapi sisi lain tidak ramah kesehatan.

img_title
VIVA.co.id
30 Maret 2024