Sesar Sumatera Bergerak, Tapanuli Utara Diguncang Gempa

Ilustrasi Gempa Tapanuli Utara
Sumber :
  • BMKG

VIVA – Gempa bumi terjadi di Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara dengan kekuatan magnitudo 5, Selasa pagi, 15 Januari 2019, sekitar pukul 06.59 WIB. Namun, gempa bumi tektonik tidak berpotensi tsumani.

Top Trending: Arti Gempa Bulan Ramadhan Menurut Primbon Jawa, Jayabaya Ramalkan Pulau Jawa Ini

"Dari hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki kekuatan M=5. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 1,77 LU dan 99,09 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 31 km arah tenggara Kota Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara, dengan kedalaman 10 kilo meter," sebut Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono.

Rahmat menjelaskan bahwa gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Tapanuli Utara ini, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, merupakan jenis gempa bumi tektonik kerak dangkal (shallow crustal earthquake) yang terjadi akibat aktivitas Zona Sesar Sumatera (Sumatera Fault Zone) pada segmen Toru. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan jenis mendatar (strike-slip fault).

Baru Terjadi, Ini Arti Gempa di Bulan Ramadhan Menurut Primbon Jawa

"Guncangan gempabumi ini dilaporkan dirasakan di daerah Tarutung dan Sipahutar IV MMI, Porsea II-III MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami," tutur Rahmat.

Ia menjelaskan ?hingga pukul 07.19 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).  Namun, pihak BMKG tetap melakukan pemantau.

Penjelasan Pakar Geologi soal Gempa Tuban yang Guncang Jawa Timur

"Kepada masyarakat diiimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," ujar Rahmat.

Ilustrasi - Seismograf mencatat getaran gempa.

Gunung Kidul Yogyakarta Diguncang Gempa, Getaran Terasa hingga Pacitan

Dari update BMKG, guncangan gempa magnitudo 5,0 berpusat di Laut 153 kilometer Barat Daya Gunung Kidul.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024