Logo BBC

Siapa Klien Prostitusi Kelas Atas dan Mengapa Mereka Tak Diungkap?

Polda Jatim membongkar kasus prostitusi online yang melibatkan artis.
Polda Jatim membongkar kasus prostitusi online yang melibatkan artis.
Sumber :
  • VIVA / Nur Faishal

Polisi sudah mengungkapkan lagi lima nama baru terduga prostitusi tingkat tinggi, antara lain dua finalis Puteri Indonesia, menyusul pengungkapan nama aktris Vanessa Angel -namun identitas para klien mereka yang disebut adalah para pria kalangan atas, tak juga diungkap.

Sebelumnya, berbagai kalangan mengecam polisi, khususnya setelah mereka menampilkan Vanessa Angel dalam sebuah jumpa pers, dan dalam acara itu sang aktris menyampaikan permintaan maaf.

Dalam hukum Indonesia, hanya mucikari yang dipidanakan untuk kasus pelacuran. Sementara pelaku prostitusi dan pelanggannya hanya sebagai saksi. Namun dalam perkembangan terbaru, polisi menyiratkan kemungkinan untuk menjadikan Vanessa Angel sebagai tersangka, dengan tuduhan bahwa ia terlibat aktif dalam jaringan prostitusi.

Sebelumnya, Kepala Kepolisian Jawa Timur Inspektur Jenderal Luki Hermawan mengungkapkan lima selebritas lain dari 45 perempuan yang diduga terlibat kasus prostitusi online jaringan muncikari yang menaungi artis Vanessa. Luki menyebut, dua di antara mereka adalah finalis Putri Indonesia tahun 2016 dan 2017.

Namun sejauh ini tak ada nama pelanggan mereka yang diungkap polisi, selain Rian, seorang yang disebut pengusaha tambang pasir asal Lumajang, Jawa Timur.

Siapa klien prostitusi kelas atas itu?

Sejauh ini polisi menyebut, mayoritas pengguna jasa prostitusi kelas atas tersebut adalah pengusaha dan ada pula pejabat.