Hoax, Kapal Tenggelam di Danau Toba Angkut 183 Penumpang

Panorama Danau Toba salah satu dari 10 Bali Baru Indonesia
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi

VIVA – Informasi tidak benar alias hoax masih terus bertebaran. Kini, hoax tersebut menyerang Danau Toba, Sumatera Utara dengan kemunculan kabar tenggelamnya kapal motor berpenumpang 183 orang.

Kabulkan Gugatan Haris Azhar Cs, MK Hapus Pasal Sebar Hoax Bikin Onar

Pesan beruntun di WhatsApp ini sudah beredar sejak Senin, 14 Januari 2019. Selain itu, ada juga yang menyebarkan video menggambarkan kapal tenggelam. Dalam video ini disertai suara histeris yang dibuat seolah-olah dari orang yang menyaksikannya kapal tenggelam di danau vulkanik terbesar di dunia itu.

Kepala Dinas Pariwisata Samosir, Ombang Siboro dengan tegas informasi tersebut adalah hoax. Ia pun geram dengan hoax tersebut. Sebab, hoax itu bisa berdampak dengan rusaknya citra Danau Toba di tengah geliat pariwisata yang semakin berkembang.

Diduga Sebar Hoax, Pemilik Akun Connie Rakundini Dilaporkan ke Polrestabes Surabaya

"Ini sunggguh tidak manusiawi. Membangun citra baik pariwisata bertahun-tahun, tapi terlalu gampang ada oknum yang ingin menciderainya," sebut Ombang kepada VIVA, Selasa, 15 Januari 2019.

Saat hoax itu menyebar, banyak pihak yang menghubunginya. Dia pun terus melakukan klarifikasi jika tidak ada kapal yang tenggelam. Apa lagi, tenggelamnya disebut terjadi pada pagi hari.

Babak Baru Kasus Hoax Rekaman Forkopimda, Palti Hutabarat Diserahkan ke Kejaksaan

"Saya berharap agar masyarakat jangan percaya kepada isu-isu hoax terkait Danau Toba. Jika menerima kabar seperti itu,  sebaiknya dikonfirmasi terlebih dulu," tutur Ombang.

Untuk diketahui, Danau Toba sebelumnya mengalami duka atas tenggelamnya KM Sinar Bangun menewaskan ratusan orang, pada Juni 2018.? Gairah pariwisata Danau Toba itu, menurun drastis pasca tragedi nahas tersebut.

Kini pariwisata Danau Toba kembali bangkit. Yang paling merasakan dampaknya adalah daerah Samosir. Terbukti dari peningkatan kunjungan dan pemasukan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang terus meningkat.?

Berikut pesan hoax tertulis yang beredar di WhatsApp

"DANAU TOBA BERDUKA
INNALILLAHI WA INNAILLAHI ROJI'UN...
“Buat rekan2 mari sama sama kita berdoa :  baru tenggelam kapal jurusan tiga ras simanindo. muatan penumpang 183 orang. sepeda motor 40. info yang selamat baru 3 orang. kejadian baru aja. semoga semua korban selamat. Aamiin.".

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya