Jokowi Minta Pensiunan ASN Bisnis Ikan Wader hingga Indekos

Presiden Jokowi diacara pensiunan ASN, di Bogor, Jawa Barat 16 Januari 2019
Sumber :
  • VIVA / Fikri Halim

VIVA – Presiden RI Joko Widodo menyampaikan pengarahan berwirausaha kepada Aparatur Sipil Negara atau ASN yang akan memasuki masa pensiun. Jokowi mengakui, memulai sebuah bisnis itu hal yang tidak mudah. 

Cegah Kecurangan dalam Seleksi ASN, Menpan-RB Siapkan Teknologi Face Recognition

Ia menyarankan, kepada para ASN  untuk memilih usaha yang dekat dengan keseharian mereka sebelumnya. Misalnya, kata Jokowi, pensiunan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk bisa berwirausaha di sektor perikanan. 

"Bisnisnya jangan jauh-jauh dari situ karena ilmunya kita ketahui, keseharian di situ sehingga untuk memulai lebih mudah," kata Jokowi di Sentul Internasional Convention Center, Bogor, Jawa Barat, Rabu 16 Januari 2019. 

Kemenpan-RB Siapkan 200 Ribu Formasi Calon ASN untuk Ditempatkan di IKN

Hal yang tidak banyak dilirik orang, lanjut Jokowi adalah bisnis ikan wader. Ia mengaku bangga dengan salah satu ASN yang berhasil berbisnis di sektor perikanan tersebut dan bisa mencatatkan omzet lebih dari Rp30 juta, memasarkan produknya sendiri melalui supermarket hingga toko online

"Produk makanan gede untungnya 30-40 persen, (ikan) wader juga harganya saya tahu," kata dia. 

Menpan-RB Sebut ASN 38 Kementerian-Lembaga Prioritas Pindah ke IKN setelah Agustus

Jokowi pun menekankan untuk membuat sebuah produk harus melihat pasar terlebih dahulu. Saran Jokowi, ambillah usaha yang berisiko kecil atau barang yang tidak cepat busuk atau basi. 

"Kemudian ambil bisnis-bisnis yang kalau tidak laku nilainya tetap bertambah misalnya mendirikan kos-kosan. Incomenya ada, jelas setiap bulan atau tahun, nilai tambah dari bangunan itu tiap tahun naik," kata dia. 

Ia menganalogikan, jika rumah atau kos-kosan yang harganya Rp500 juta, saat ini, di kemudian hari akan meningkat. "Kos-kosan harga Rp500 juta nilai tanah bangunan pasti nambah terus. Sudah Rp2 M dilepas enggak apa-apa. Bangun lagi 2-3 lagi ada sisa bisa dipakai untuk yang lain," kata dia. 

Menurut Jokowi, dengan jumlah tunjangan yang diberikan pemerintah saat ini kepada ASN sudah lebih dari cukup asal dapat dikelola  dengan baik dan tidak konsumtif. Apabila pengelolaan keuangan dilakukan dengan baik maka diyakini akan memberikan kesejahteraan. 

"Oleh sebab itu proses-proses pendampingan yang akan pensiun yang akan purna tugas maupun yang telah pensiun untuk berwirausaha ini adalah sebuah ajakan yang baik," kata Jokowi. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya