Jelang Debat Pertama, Jokowi Janji Jawab Kasus Novel Baswedan

Presiden Jokowi diacara pensiunan ASN, di Bogor, Jawa Barat 16 Januari 2019
Sumber :
  • VIVA / Fikri Halim

VIVA – Presiden Joko Widodo enggan membeberkan persiapan khusus, untuk menghadapi debat pertama Debat Calon Presiden pada 17 Januari 2019 mendatang.

Paguyuban Marga Tionghoa Dorong Gunakan Hak Pilih 14 Februari untuk Lahirkan Pemimpin Berkualitas

Namun, Jokowi mengaku sudah siap dengan materi debat pertama yang membahas tentang HAM, Hukum, Korupsi, dan Terorisme.

"Ya kita datang saja, datang ya sesuai dengan materi. Materinya kan hukum, materinya terorisme, materinya kan korupsi. Ya sudah," kata Jokowi di Sentul Internasional Convention Center, Bogor, Jawa Barat, Rabu 16 Januari 2019.

Prabowo Kaget Ada Pemuda Ngaku Siap Mati untuknya di Pilpres 2019: Saya Suruh Pulang!

Terkait data yang akan dipaparkan, Jokowi hanya mengatakan bahwa ia akan berbicara terkait dengan data dan fakta-fakta. Namun, dia masih merahasiakan fokus utama materi yang akan disampaikan dalam debat pertama nanti.

"Mestinya ngomong itu dengan data, dengan fakta-fakta, dan yang paling penting rencana ke depan seperti apa. Yang penting kan itu," katanya.

Prabowo Cerita Tak sampai Satu Jam Putuskan Terima Ajakan Jokowi Gabung Kabinet

Saat ditanya terkait aksi Kamisan setiap tanggal 18 Januari, yang menuntut penuntasan kasus pelanggaran HAM masa lalu, Jokowi mengaku juga akan menyampaikan hal tersebut besok. "Ya besok kan, termasuk masalah HAM ada," katanya

Termasuk, lanjutnya, tentang penegakan hukum kasus penyerangan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Novel Baswedan yang saat ini masih belum terungkap. Jokowi berjanji akan menjawab hal itu saat debat. "Nanti, kita jawab juga besok," katanya.

Debat sesi pertama diketahui akan dilangsungkan besok malam, 17 Januari 2019 di Hotel Bidakara. Moderator debat sesi pertama itu disebut akan diisi oleh Ira Koesno dan Imam Priyono.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya