Laporannya Disetop, Baiq Nuril Tunggu SP2HP Polisi

Terpidana kasus pelanggaran UU ITE Baiq Nuril.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dhimas B. Pratama

VIVA – Polda Nusa Tenggara Barat menghentikan laporan Baiq Nuril atas dugaan pelecehan secara verbal yang dilakukan HM pada dirinya. Alasan Polda menghentikan laporan tersebut lantaran pelecehan secara verbal tak diatur dalam pasal 294 ayat (2) ke-1 KUHP terkait pelecehan atasan pada bawahannya.

Anti-Islam Meningkat Pesat di India Gegara Ini

Menanggapi itu, pengacara Baiq Nuril, Yan Mangandar Putra, mengatakan akan menanti Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan (SP2HP) untuk melakukan langkah hukum selanjutnya.

"Kita lihat dulu redaksi SP2HP dari polisi. Apakah isinya berpendapat belum cukup bukti sehingga dibutuhkan tambahan bukti, maka kami akan mengupayakan membantu penyidik untuk tambah bukti, baik saksi atau ahli," ujarnya, Jumat 18 Januari 2019.

Ujaran Kebencian Terhadap Muslim di India Meningkat 62 Persen, Ini Pemicunya

Namun, kata dia, jika SP2HP berpendapat laporan dihentikan tanpa adanya alasan jelas, pengacara akan mengadukan ke Mabes Polri. Selain itu, ada rencana melakukan upaya praperadilan.

"Tapi jika SP2HP berpendapat laporan berhenti atau tidak dapat dilanjutkan ke tingkat penyidikan dan pendapat tersebut menurut kami kurang beralasan hukum," tuturnya.

GP Ansor Bubarkan Pengajian Syafiq Basalamah, Tere Liye Semprot PBNU: Jangan Dikit-dikit Keberatan

Sebelumnya, Polda menghentikan penyidikan tersebut karena laporan Baiq Nuril tentang pelecehan seksual secara verbal tidak masuk dalam penjelasan KUHP.

Kabid Humas Polda NTB, Kombes Pol Komang Suartana, mengatakan, penghentian penyidikan setelah berkonsultasi dengan ahli hukum dan kejaksaan.

"Dari hasil gelar perkara dinyatakan tidak cukup bukti, sehingga dari rekan Krimum, pakar hukum dan kejaksaan bahwa tindakan ini tidak bisa dilanjutkan penyidikan," kata Komang. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya