Ketum PBNU Tegaskan Lagi Arti Islam Nusantara 

Ketua Umum PBNU, Said Aqil Siroj
Sumber :
  • VIVA/Eduward Ambarita

VIVA – Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, Said Aqil Siraj, menghadiri Haul ayah Presiden Joko Widodo, Wijiatno Notomihardjo, di Boyolali, Sabtu 19 Januari 2019.

Mbah Din Ploso di Mata Khofifah: Ulama Alim dan Tegas

Dalam ceramahnya, Said Aqil sempat kembali mengatakan soal konsep Islam Nusantara. Dia menegaskan Islam Nusantara bukanlah aliran ataupun mazhab. 

Said Aqil menjelaskan, Islam Nusantara dalam pengertiannya merupakan kesinambungan Islam dengan budaya yang ada di Nusantara. Menurutnya banyak yang salah menafsirkan makna Islam Nusantara yang belakangan diperdebatkan.

Innalillahi, Mbah Din Ulama Kharismatik Jawa Timur Wafat

"Islam Nusantara itu bukan mazhab, bukan aliran tapi Islam yang ramah terhadap budaya di Nusantara," ucap dia dalam keterangan tertulisnya, Sabtu 19 Januari 2019.

Untuk itu, dia menambahkan bagaimana kerajaan Islam di Nusantara berkuasa tanpa harus menghancurkan budaya. Dalam kesempatan itu dia juga meminta kepada ribuan jemaah yang menghadiri haul ayah Jokowi agar menghormati budaya Nusantara dan tak melupakan sejarah.

KH Nawawi Wafat, Wakil Ketua MPR: Beliau Miliki Karomah Tinggi
Seminar Nasional Kebangsaan Hari Santri 2021, melalui aplikasi zoom (19/10)

Hubbul Wathan Minal Iman Sudah Didiskusikan Sejak 500 Tahun Lalu

Hubbul wathan minal iman bukan diungkapkan pertama kali oleh seorang misionaris Kristen, tapi sudah didiskusikan di antaranya oleh Imam Sakhawi 500 tahun lalu.

img_title
VIVA.co.id
20 Oktober 2021