Keliling Buka Aduan, Hendi Tindak Lanjuti Kurang dari Seminggu

Peninjauan bedah rumah warga Kel. Tlogomulyo
Sumber :

Di Kota Semarang, setidaknya ada tiga jalur pengaduan yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

Upayakan Kesejahteraan Petani, Pemkot Semarang Launching Badan Usaha Milik Petani

Jalur pertama melalui online tanpa tatap muka, yang antara lain difasilitasi dengan sistem Lapor Hendi 1708 dan Call Center 112.

Sedangkan jalur kedua melalui tatap muka melalui desk pelaporan di mana Pemerintah Kota Semarang menyediakan counter pengaduan di gedung Pusat Informasi Publik Kota Semarang.

Hari Pertama Kerja, Hendi Temui Menko Luhut Bahas RUU Pengadaan

Terakhir, jalur ketiga melalui tatap muka langsung dengan orang nomor satu di Kota Semarang, Wali Kota Hendrar Prihadi.

Jalur terakhir tersebut diupayakan oleh Pemerintah Kota Semarang dengan mengadakan forum-forum dialog, melalui berbagai kegiatan.

Jalankan Perintah Jokowi, Hendi Buka Layanan Terpadu P3DN di Semarang

Salah satu contohnya adalah kegiatan jalan sehat bersama Wali Kota Semarang, seperti yang terlihat saat Wali Kota yang akrab disapa Hendi itu menyambangi wilayah Tlogomulyo, Pedurungan, Kota Semarang pada Minggu, 20 Januari 2019 lalu.

Tak sendiri, Hendi membawa serta jajarannya, antara lain Sekda Kota Semarang Agus Riyanto, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Semarang Iswar Aminuddin, dan Kepala Dinas Permukiman Kota Semarang Ali.

Di sana, masyarakat pun antusias untuk menggunakan kesempatan tersebut untuk menyampaikan aduan kepadanya.

Aduan itu antara lain terkait dengan drainase yang tersumbat sampah sehingga tidak berfungsi baik, rusaknya jalan paving akibat dilalui kendaraan dengan muatan berat, serta sejumlah rumah yang perlu mendapat perhatian untuk diperbaiki melalui program bedah rumah.

Saat itu, Hendi pun langsung secara spontan memanggil satu per satu kepala dinas yang hadir bersamanya. Mereka diminta untuk bisa langsung berkoordinasi guna menindaklanjuti aduan yang disampaikan. 

Terkait aduan yang disampaikan warga Tlogomulyo, Hendi menegaskan bahwa Pemerintah Kota Semarang akan langsung bergerak tidak sampai satu minggu.

"Untuk drainase, hari Senin besok kita langsung turunkan alat berat untuk memperbaiki, dan alat berat akan tetap di sini sampai masalahnya tuntas, silakan ‘njenengan’ arahkan alat berat kami ke mana," tegas Hendi.

"Sedangkan untuk masalah bedah rumah, hari Kamis minggu ini kita akan upayakan penyempurnaan bedah rumah," lanjutnya yang langsung disambut tepuk tangan masyarakat.

Di sisi lain, Wali Kota Semarang yang juga Politisi PDI Perjuang itu juga berpesan agar masyarakat dapat lebih peduli menciptakan lingkungan yang sehat.

"Hari ini saya melihat jalannya sudah baik, tapi ketika saya lihat selokannya, saya rasa kerja bakti masyarakatnya kurang," keluh Hendi.

"Dan hari ini juga, ada 16 pasien demam berdarah di Rumah Sakit Wongsonegoro, salah satunya warga Tlogomulyo. Saya minta setiap Jumat ada gerakan pemberantasan sarang nyamuk," tekannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya