Fenomena Supermoon, Warga Tangerang Diimbau Waspada

Supermoon
Sumber :
  • ANTARA Foto//Dedhez Anggara

VIVA - Pemerintah Kabupaten Tangerang meminta agar warga yang tinggal di wilayah pantai utara atau pesisir untuk waspada. Hal ini terkait dengan kondisi air laut saat fenomena supermoon atau bulan purnama.

Terpopuler: Cara Jitu Singkirkan Lemak Tubuh, Manfaat Berhubungan Seks Malam Hari

"Kami dapatkan info dari BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika) diprediksi hari ini terdapat fenomena Supermoon dan mengakibatkan air laut pasang (rob). Hal ini kami mengimbau agar masyarakat tetap waspada," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Tangerang, Agus Suryana, Senin, 21 Januari 2019.

Terdapat beberapa kecamatan yang masuk dalam wilayah pesisir Tangerang yakni, Kosambi, Kronjo, Tanjung Pasir, Tanjung Kait dan Sukadiri.

Bulan akan Terlihat Paling Besar dan Terang

"Kecamatan yang ada di pesisir harus waspada, meskipun beberapa kasus terjangan air rob di Tangerang belum memiliki dampak yang parah tapi tetap waspada. Untuk nelayan pun, kalau sudah ada keanehan pada kondisi air laut, disarankan untuk tidak berlayar ke tengah laut," ujarnya.

Sejauh ini, menurut pantauan pihaknya, kondisi air laut masih kondusif dan aman walaupun intensitas hujan di wilayah Tangerang cukup tinggi.

Jadwal Kenampakan Blue Moon yang Terjadi Besok di Indonesia

"Saat ini aman namun kami siapkan juga beberapa kesiapan menghadapi bencana dengan kesiapan petugas dan alat evakuasi seperti, pelampung, tenda dan perahu," katanya.

Diketahui, Kabupaten Tangerang memiliki garis pantai kurang lebih sepanjang 51 kilometer dengan luas pesisirnya yakni 301 kilometer persegi. Terdapat tiga pantai yang berada di wilayah Kabupaten Tangerang yakni, Tanjung Kait, Tanjung Pasir dan Pulau Cangkir. (mus)

Bulan Purnama Dingin.

Ada Bulan Purnama Dingin Jelang Tutup Tahun 2023

'Cold Moon', juga dikenal sebagai 'Long Night's Moon' atau Bulan Purnama Dingin, menurut Farmers Almanac, terjadi pada 26 Desember 2023.

img_title
VIVA.co.id
14 Desember 2023