Belasan Rusa Tutul di Penangkaran Malang Mati dan Hilang Misterius

Petugas menguburkan rusa-rusa tutul yang mati secara misterius di penangkaran Coban Jahe, Jabung, Kabupaten Malang, Jawa Timur, pada Minggu, 20 Januari 2019.
Sumber :
  • VIVA/Lucky Aditya

VIVA – Empat belas ekor rusa tutul yang hidup di penangkaran Coban Jahe, Jabung, Kabupaten Malang, Jawa Timur, mati dan hilang secara misterius. Dua belas di antaranya ditemukan mati dengan luka gigitan di leher, sedang dua rusa lain hilang dan tak ditemukan bangkainya pada Minggu, 20 Januari 2019.

Bikin Ngeri! Sedang Asyik Main Ponsel, Bocah Laki-laki Ini Tiba-tiba Didatangi Macan Tutul

Organisasi pelestari satwa Profauna mengonfirmasi kabar itu tetapi belum mengetahui penyebabnya. Tim Profauna masih mengumpulkan data dan informasi tentang kematian misterius satwa langka di Coban Jahe itu.

“Jadi kami sedang mengumpulkan informasi mencari penyebab kematian dan hilangnya rusa secara misterius," kata Ketua Profauna Indonesia, Rosek Nursahid, di Malang pada Senin, 21 Januari 2019.

Karya Fotografi Menangkap Keindahan Satwa di Taman Safari, Ada Kisah Menarik di Baliknya

Rozek mengatakan, meski belum ditemukan penyebabnya, dugaan sementara rusa tutul tewas akibat serangan macan tutul. Sebab, lokasi penangkaran Coban Jahe berada dekat dengan hutan Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

"Dugaan itu bisa dilihat dari bekas luka. Apalagi hutan ini habitat macan tutul. Karena biasanya yang menyerang rusa atau kambing di wilayah dekat hutan itu ada dua, yaitu macan tutul dan anjing liar. Tapi kalau anjing liar biasanya menyerang pada bagian perut, kalau macan pada bagian leher atau tengkuk," katanya. (mus)

Alshad Ahmad Disorot Media Asing, Dianggap Mengeksploitasi Satwa Liar
Ilustrasi Pemilu.

Top Trending: Kades di Tangerang Pecat 27 Ketua RT/RW hingga Bocah Laki-laki Didatangi Macan Tutul

Di urutan terpopuler pertama kanal Trending terdapat artikel Viva yang menarik dibaca, Top Trending Pria Makan Nasi Basi Sambil Nangis hingga Marbot Cabuli Bocah 6 Tahun.

img_title
VIVA.co.id
12 Maret 2024